Olahraga beladiri taekwondo pasti sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Latihan taekwondo merupakan seni bela diri yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Ketahui selengkapnya di artikel ini!

Taekwondo merupakan seni bela diri asal korea yang banyak diminati oleh berbagai kalangan dari usia belia hingga tua. Selain seni bela diri, taekwondo juga termasuk ke dalam kategori olahraga dnia. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih taekwondo sebagai olahraga bela diri untuk menjaga serangan dari musuh. Tendangan taekwondo sangat terkenal karena tekniknya yang baik. Maka dari itu, perlu latihan taekwondo untuk bisa menguasai semua teknik dan jurus dalam seni bela diri ini.

Taekwondo terdiri dari tiga kata, yaitu Tae Kwon dan Do. Tae sendiri memiliki arti menghancurkan dengan teknik tendangan, Kwon berarti menghantan dan mempertahankan diri dengan teknik tangan. Kemudian yang terakhir yaitu Do yang berarti cara untuk mendisiplinkan diri. Jadi, taekwondo sendiri merupakan seni atau cara mendisiplinkan diri atau seni bela diri dengan teknik kaki dan tangan kosong. Di dalam taekwondo terdapat warna-warna dari sabuk taekwondo yang membedakan level.

Latihan Taekwondo Untuk Anda Kuasai

Latihan taekwondo perlu dilakukan untuk bisa menguasai semua teknik beserta jurusnya hingga pada level terakhir dengan mudah. Adapun tiga materi taekwondo lengkap yang biasa digunakan sebagai patokan dalam latihan. Berikut akan dijelaskan ketiga materi latihan dalam taekwondo:

Poomsae

Poomsae atau rangkaian jurus merupakan rangkaian teknik gerakan dasar dari serangan dan pertahanan diri. Gerakan ini dilakukan untuk melawan musuh yang imajiner dengan mengikuti diagram tertentu. Setiap diagram dari rangkaian gerakan poomsae didasari pada filosofi timur yang menggambarkan semangat serta cara pandang dari bangsa korea. Gerakan ini bisa berupa tendangan maupun tangkisan taekwondo.

Kyukpa

Pada materi latihan ini merupakan teknik pemecahan benda keras. Pada latihan ini, teknik yang digunakan yaitu dengan sasaran atau objek yang berupa benda mati. Hal ini dilakukan untuk mengukur kemampuan serta ketepatan pada tekniknya. Objek sasaran yang digunakan biasanya berupa papan kayu, batu bata, genting, dan sebagainya. Teknik kyukpa dilakukan dengan tendangan, pukulan, sabetan, hingga tusukan menggunakan jari tangan.

Kyorugi

Teknik kyorugi biasa disebut juga dengan teknik pertarungan, dimana latihan ini mengaplikasikan teknik gerakan dasar atau poomsae. Jadi, nantinya ada dua orang yang bertarung untuk saling mempraktekkan teknik serangan dan teknik untuk mempertahankan diri.

Bentuk Latihan Taekwondo Dasar

Dasar-dasar dari gerakan taekwondo dibentuk dengan beberapa teknik gerakan yaitu menyerang dan bertahan. Untuk teknik menyerang dan bertahan di sini hanya menggunakan bagian tubuh sendiri untuk menghadapi lawan. Di bawah ini akan dijelaskan 5 komponen dasar dalam taekwondo:

  • Keup So atau bagian tubuh yang akan menjadi sasaran
  • Bagian badan yang digunakan untuk menyerang dan bertahan
  • Seogi atau sikap yang digunakan untuk melakukan kuda-kuda
  • Makki atau teknik yang digunakan untuk bertahan dengan menangkis
  • Kongkyok Kisul atau teknik yang digunakan untuk menyerang. Teknik ini terdiri atas teknik pukulan, teknik sabetan, teknik tusukan, dan teknik tendangan.

Gerakan Dasar Taekwondo

Untuk bisa menguasai teknik taekwondo dengan sempurna, maka perlu berlatih gerakan dasar dalam taekwondo itu sendiri. berikut adalah beberapa gerakan dasar yang perlu Anda ketahui dalam dunia taekwondo:

Kuda-kuda

Sikap kuda kuda dalam taekwondo merupakan posisi dimana kaki digunakan untuk menopang tubuh. Dalam taekwondo sendiri, kuda kuda berupa Up Soogi yang berarti kuda kuda pendek, Up Kubi yang berarti kuda kuda panjang, dan kuda kuda L. latihlah teknik kuda kuda Anda karena teknik ini merupakan dasar yang perlu dikuasai agar bisa melatih teknik-teknik yang lainnya. Karena dasar dari semua gerakan ada pada kuda kuda yang sempurna.

Dalam teknik kuda kuda terdiri dari 3 macam yaitu joochoom seogi yang merupakan gerakan kuda kuda dengan posisi kedua kaki sejajar menghadap ke samping dan melebar setengah dari ukuran bahu. Lalu ada teknik kuda kuda kyorugi joonbi yang mana gerakan ini mengandalkan posisi bertarung. Kemudian yang terakhir ada teknik kuda kuda apkoobi dengan langkah kaki yang sedikit panjang. Pada gerakan ini kedua kaki membuka dengan lebar setengah ukuran bahu dan bagian lutut depan ditekuk.

Tangkisan

Teknik tangkisan dalam taekwondo merupakan suatu teknik yang digunakan untuk melakukan blok pada serangan lawan. Tangkisan di sini bisa berupa tangkisan bawah, tangkisan tengah, dan tangkisan atas. Tangkisan menggunakan tangan yang terdiri dari tangan bagian dalam dan tangan bagian luar. Dengan Anda melakukan tangkisan sempurna, maka serangan lawan bisa dengan mudah diblok dan Anda bisa melakukan serangan berikutnya. Latihlah gerakan ini agar memperoleh gerakan sempurna.

Tangkisan bawah sendiri dilakukan dengan tangan bagian luar dan berfungsi untuk melindungi kaki depan maupun memblok serangan lawan dengan tangan. Lalu tangkisan tengah ada 4 macam, yaitu tangkisan dari dalam keluar dengan tangan bagian luar, tangkisan dari luar ke dalam dengan tangan bagian luar, tangkisan dari dalam dengan tangan bagian dalam, dan Bol jumok momtong An maki. Terakhir tangkisan atas yang berfungsi melindungi kepala dari pukulan atau tendangan.

Tendangan

Latihan tendangan yang mendasar dalam taekwondo merupakan latihan tendangan depan atau Ap Chagi. Selanjutnya berlatih tendangan samping atau biasa disebut juga dengan Dolyo Chagi. Kedua jenis tendangan tersebut bisa dikembangkan dan banyak variasinya. Namun pada dasarnya, semua tendangan tetap dilakukannya tendangan depan dan tendangan samping. Jadi, kedua teknik tendangan tersebut adalah teknik dasar yang dilakukan untuk melakukan tendangan pada taekwondo.

Cara melakukan tendangan Ap Chagi yaitu dengan mengambil posisi Up Soogi, lalu angkat kaki belakang setinggi rata rata air dan lutut ditekuk membentuk sudut 90o kemudian lakukan tendangan dengan dilecutkan yang akan memberi efek kecepatan.

Selanjutnya untuk melakukan tendangan Dolyo Chagi dilakukan hampir mirip dengan Up Chagi, hanya saja tendangan ini dilakukan secara menyamping dimana ketika kaki belakang terakngkat, maka putarlah tubuh sejauh 90o.

Pukulan

Teknik pukulan ada 3 macam, yaitu area makki yang merupakan gerakan pukulan dalam taekwondo dengan mengarah ke depan sasaran ke arah bawah. Teknik ini dilakukan dengan salah satu posisi tangan menggenggam ke depan dan diikuti dengan posisi tangan satunya menggenggam setengah gerakan saja. Lalu yang kedua ada momtong jireugi yang mana gerakan pukulan ini mengarah ke bagian tengah badan dan menuju ulu hati. Sedangkan teknik eolgoul jireugi merupakan pukulan dengan mengarah ke bagian kepala.

Demikian dasar dasar yang bisa Anda pelajari untuk melakukan Latihan taekwondo. Ada banyak istilah dalam taekwondo, hafalkan dan pahami agar ketika berlatih dengan bahasa korea dalam taekwondo Anda tidak kerepotan. Jangan pernah berhenti semangat untuk berlatih sesuatu, ditambah ini merupakan latihan bela diri, dimana perlu keuletan dan kerajinan yang lebih untuk berlatih agar bisa menjadi taekwondoin profesional agar bisa membanggakan negara.

Banggood WW

Hosting Unlimited Indonesia

Glasseslit WW

Tinggalkan Balasan