Sebagai seorang taekwondoin, tentu Teknik taekwondo perlu dikuasai. Mulai dari jurus awal yang mudah hingga jurus paling sulit harus Anda hafalkan.

Bela diri taekwondo sudah tidak asing di negara Indonesia. Sudah banyak orang yang berlatih taekwondo karena bela diri ini kerap kali dipertandingkan di olimpiade. Istilah dalam taekwondo berasal dari kata Tae yang berarti menghancurkan dengan kaki, dan Kwon dengan makna tinju. Teknik taekwondo yang mendasar tentu wajib Anda pelajari dan kuasai. Latihan taekwondo meliputi sistem menyeluruh dari pukulan dan pertahanan dengan tangan. Namun, tidak fokus pada pergulatan.

dobook taekwondo

Dalam taekwondo, terdapat sabuk taekwondo atau tingkatan yang harus dilalui untuk bisa menjadi dewan guru. Paling awal Anda langsung mengunakan sabuk putih (geup 10), lalu naik ke tingkatan selanjutnya sabuk kuning polos hingga kuning strip (geup IX – VII). Setelah itu, Anda bisa menginjak sabuk hijau hingga hijau strip (geup VII – VI). Selanjutnya, sabuk biru hingga biru strip (geup V – IV). Teknik taekwondo perlu dikuasai hingga Anda mencapai sabuk hitam agar menjadi dewan guru.

Teknik Taekwondo Untuk Anda Kuasai

Latihan taekwondo tentu akan meningkatkan kemampuan Anda. Beberapa Teknik taekwondo di bawah ini harus Anda pelajari dan kuasai agar menjadi seorang taekwondoin yang handal. Berikut beberapa tekniknya:

Teknik Kuda-Kuda (Seogi)

Teknik kuda-kuda ini sebagai dasar berlatih taekwondo yang harus dikuasai oleh para pemula. Teknik kuda kuda taekwondo tidak jauh berbeda dengan teknik kuda kuda pada bela diri lain. Teknik ini harus Anda pelajari di awal karena fungsinya sebagai pondasi untuk melakukan penyerangan atau pertahanan. Kuda kuda yang baik akan menjadi kunci keseimbangan tubuh agar tidak cepat jatuh. Berikut beberapa teknik kuda kuda taekwondo yang harus Anda ketahui:

Ap Koobi

Sikap kuda kuda yang satu ini mengharuskan Anda untuk melakukan sikap kuda kuda langkah panjang. Kaki perlu dibuka selebar bahu dan sedikit menurunkan kaki depan serta menahan berat badan. Bentuklah posisi tegak lurus pada lutut sehingga ujung kaki dapat terlihat dari depan. Latihlah diri Anda untuk sikap kuda kuda ini karena akan lebih mudah menjaga keseimbangan badan ketika bertarung di arena.

Ap Seogi

Sikap kuda kuda ini kebalikannya dari Ap Koobi. Ap Seogi mengharuskan Anda membentuk langkah pendek dengan posisi kaki menghadap posisi yang sama dengan kedua kaki. Sebagai dasar taekwondo, Anda wajib menguasai kuda kuda ini sebagai awal agar menjadi taekwondoin profesional. Meski terlihat mudah, namun Anda perlu melatihnya dengan teratur agar keseimbangan diperoleh dengan mudah.

Moa Seogi

Moa Seogi mengharuskan Anda menggunakan kedua kaki secara rapat dan tubuh tegak lurus menghadap depan. Berdiri secara tegak lurus dan kaki rapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Sikap kuda kuda ini biasa menjadi patokan dalam melakukan kuda kuda. Jadi ketika Anda sudah bisa menguasai sikap kuda kuda ini, maka sikap kuda kuda yang lain akan lebih mudah dikuasai.

Dwit Koobi

Sikap Kuda-kuda taekwondo yang satu ini caranya dengan membuka kedua kaki. Kaki belakang ujung hari diposisikan ke arah samping dan kaki depan ujung jari diposisikan lurus ke depan. Tumpuan dari berat badan ada pada kaki belakang dengan kaki ditekuk sedikit agar lebih maksimal untuk melakukan dwit koobi.

Teknik Tendangan (Chagi)

Seni bela diri taekwondo identik dengan tendangan. Ada berbagai jenis tendangan yang wajib Anda ketahui dan mematikan pada olahraga taekwondo. Berikut akan diulas beberapa teknik tendangan yang ada pada olahraga bela diri taekwondo:

Dolke Chagi

Teknik tendangan taekwondo dolke chagi merupakan gerakan menendang dengan memutar anggota tubuh ke belakang. Perputaran anggota tubuh ke belakang dilakukan sejauh 360, tendangan ini dalam taekwondo biasa disebut dengan tendangan tornado taekwondo.

Narae Chagi

Tendangan pada teknik ini merupakan gerakan tendangan ganda ke arah samping dan langsung sebelum kaki satunya turun ke matras.

Ap Chagi

Tendangan ini dilakukan ke arah depan dengan sasaran bagian kepala atau perut. Gerakan dari Ap Chagi dilakukan dengan ujung depan telapak kaki. Untuk lebih sempurna dalam gerakan ini, Anda bisa melatih gerakan split yang mulus.

Dwi Hurigi

Tendangan ini dilakukan dengan memutarkan kaki ke belakang, gerakan kaki tersebut dilakukan seolah manggait lawan. Sasaran dari gerakan tendangan ini yaitu pada kepala atau leher dari lawan.

Dwi Chagi

Tendangan ini dilakukan ke arah belakang dengan menekuk lutut dan dilanjutkan menyentakkan kaki ke belakang juga. Sasaran dari tendangan ini adalah kepala dan bagian perut.

Teknik Tangkisan (Makki)

Selain teknik pada kaki, taekwondo juga mengajarkan teknik tangan. Teknik tangkisan ini memiliki istilah makki. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis teknik tangkisan:

Area Makki

Gerakan tangkisan ke bawah menggunakan kepalan untuk menangkis pukulan dari lawan ketika lawan menyerang dari bawah. Ketika menangkis, tangan sebelah kanan ada di samping tubuh dengan posisinya ditekuk dan dikepalkan.

Momtong Bakat Makki

Gerakan ini dilakukan dari tengah ke dalam menggunakan bagian luar lengan bawah. Dengan Posisi tangan yang akan melakukan tangkisan dari arah luar kedalam. Tujuan dari gerakan ini sebagai penangkis ketika lawan menyerang dari depan lurus ke dada atau perut.

Eolgol Makki

Gerakan ini dilakukan ke atas dan sasarannya adaah kepala. Ketika lawan berusaha menyerang dari dua arah, maka gerakan ini yang paling cocok digunakan untuk menangkis.

Teknik Pukulan (Jireugi)

Teknik ini menjadi salah satu andalan dalam taekwondo. Berikut ulasan tentang jenis-jenis teknik pukulan yang ada di taekwondo:

Yeop Jireugi

Teknik ini dilakukan dari samping dengan posisi tubuh menghadap ke depan secara lurus. Dalam gerakan ini, kepala ikut menghadap ke samping ketika sedang memukul dengan teknik yeop jireugi.

Momtong Jierugi

Teknik ini merupakan Pukulan Lurus kedepan dengan mengarahkan tangan ke arah dada lawan

Eolgol Jireugi

Teknik ini merupakan gerakan pukulan dengan mengarahkan tangan ke atas dimana kepala menjadi sasarannya.

Arae Jireugi

Teknik ini dilakukan dengan tangan mengarah ke bawah yang mana area vital dari lawan menjadi sasarannya.

Teknik Sabetan dan Tusukan

Teknik sabetan atau chigi dan tusukan atau chireugi juga banyak digunakan pada taekwondo. Biasanya teknik ini dilakukan untuk penyerangan pada area vital dari sang lawan. Berikut jenis-jenis dari teknik sabetan dan tusukan:

Mureup Dolyo Chigi

Teknik ini merupakan teknik sabetan menggunakan lutut mengarah ke samping.

Ageum Son Keut Chireugi

Teknik ini dilakukan untuk mencekik atau menusuk lawan ke arah leher.

Ape Son Keut Chireugi

Teknik ini dilakukan untuk menusuk leher dengan ujung jari.

Jurus (Poomsae)

Adapun beberapa jurus yang perlu Anda kuasai untuk menjadi seorang taekwondoin profesional:

Kibon 1 atau 2 Jang (II Jang)

Teknik ini terdapat beberapa gerakan jurus dasar yang bisa dilatih oleh Anda. Jurus ini menjadi teknik dasar atau teknik awal yang harus dikuasai oleh taekwondo pemula.

Kibon 2 atau 1 Jang (I Jang)

Teknik ini tidak terlalu sulit, hanya saja Anda harus mengutamakan tendangan, pukulan, dan tangkisan untuk melindungi diri dari lawan.

Demikian Teknik taekwondo yang perlu Anda ketahui, mulai dari bercagi taekwondo hingga jurus. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda!

Lebih Mengenal Kegiatan Latihan untuk Menguasai Tekhnik Diatas.? Ayoo bergabung dan berlatih bersama, Latihan bisa via offline dengan bergabung latihan privat bersama Instruktur Patnership kami jika kebetulan satu Lokasi atau Domisili atau Privat Via Online di Room kelas bersama Instruktur Di situs Kami. Get Daftar..

Banggood WW

Hosting Unlimited Indonesia

Glasseslit WW

Tinggalkan Balasan