Taekwondo merupakan seni bela diri yang menggunakan kaki dan memiliki Jurus tekhnik tinggi yang menjadikan tendangan populer dan bahagian khas taekwondo. Lalu apa saja jurus jurus dan tekhnik populer dan menjadi khas taekwondo tersebut?

Gerakan taekwondo lebih banyak menggunakan kaki dari pada tangan. Bela diri yang berasal dari korea selatan ini cukup terkenal akan tendangannya. Dari tendangan tersebut digabungkan antara kekuatan mental dan keterampilan fisik saat menggunakannya dan keuletan berlatih perlu Anda pelajari sebagai dasar dapat mempelajari jurus atau tekhnik tinggi taekwondo.

Dalam latihan taekwondo lebih fokus kepada keseimbangan, stamina, kecepatan, serta fleksibilitas. Taekwondo ini Seni bela diri yang sangat populer di Indonesia ini mementingkan kecepatan dari kaki karena lebih banyak dalam melakukan tendangan. Simak selebihnya untuk mengetahui jurusnya.

Beberapa Jurus taekwondo ciri khasnya dapat di ketahui dan menjadikan taekwondo olahraga beladiri populer karena jurus atau tekhnik khasnya.

Kyukpa Taekwondo

Kyukpa taekwondo sendiri merupakan teknik pemecahan benda keras menggunakan sasaran objek benda mati. Objek benda mati ini bisa berupa genting, batu bata, hingga papan kayu. Selain kyorugi dan poomsae, teknik ini juga dipelajari ketika Anda berlatih seni bela diri taekwondo. Tujuan dari berlatih teknik kyukpa adalah untuk menguji ketepatan dan kekuatan dari teknik dasar dalam taekwondo, yaitu tendangan, pukulan, sabetan, dan tusukan dengan jari.

Teknik Tendangan Populer

Taekwondo mempunyai banyak jenis tendangan yang populer dan mematikan. Ada beberapa jenis teknik tendangan atau Chagi yang wajib dipelajari terlebih dahulu. Berikut beberapa jenis teknik populer tendangan di taekwondo

Ap Chagi

Tendangan ini dilakukan mengarah ke depan dengan sasarannya yaitu daerah perut dan bagian kepala. Kaki yang digunakan pada Ap Chagi yaitu bagian ujung depan dari telapak kaki.

Dollyo Chagi

Teknik Dollyo Chagi merupakan teknik tendangan yang mengarah ke samping. Cara mudah yang bisa Anda pelajari pada teknik ini yaitu dengan memutarkan pinggang serta menendang ke arah perut dan kepala. Bedanya dengan Ap Chagi, pada Dollyo Chagi tendangannya mengarah ke samping.

Deol Chagi

Tendangan Deol Chagi merupakan teknik tendangan dengan posisi mencangkul dan mengarah ke depan. Kaki yang digunakan pada teknik ini yaitu dengan menggunakan tumit dan sasarannya adalah kepala. Untuk bisa melakukan Deol Chagi, Anda harus mengangkat kaki setinggi mungkin dan menghempaskannya seperti gerakan mencangkul. Tendangan ini bisa menjadi teknik yang mematikan bagi lawan.

Yeop Chagi

Teknik tendangan Yeop Chagi dilakukan dengan arah menyamping, yaitu arahnya bisa ke kiri maupun ke kanan dengan pisau kaki. Jadi, Anda bisa melakukan teknik tendangan ini dengan posisi badan yang menghadap ke samping. Dengan posisi badan yang menghadap ke samping tersebut, maka Anda bisa menggunakan pisau kaki untuk melakukan tendangan ke arah lawan.

Dwi Chagi

Teknik yang satu ini merupakan teknik tendangan yang arahnya ke belakang. Teknik ini dilakukan dengan mengangkat lutut lalu menyentakkan kaki ke arah belakang. Sasaran yang dituju dari teknik ini yaitu daerah perut dan kepala.

Dwi Hurigi

Tendangan Dwi Hurigi dilakukan dengan gerakan memutar dan diarahkan ke belakang dengan gerakan kaki seperti mengait. Arah serangan yang dituju dari teknik ini yaitu ke arah kepala dan leher.

Narae Chagi

Tenik tendangan Narae Chagi merupakan tendangan ganda dan dilakukan ke arah samping. Tendangan ini dilakukan langsung sebelum kaki yang satunya turun dan menyentuh tanah. Teknik ini memerlukan konsentrasi yang tinggi, jadi Anda perlu melatihnya dengan benar.

Dolke Chagi

Teknik tendangan ini dilakukan dengan memutarkan badan ke arah belakang sejauh 360o. Tendangan ini juga biasa disebut dengan tendangan tornado.

I Dan Dolyo Chagi

Tekhnik ini merupakan perkembangan latihan dari tekhnik dasar tendangan Dolyo chagi (lihat Tekhnik Dolyo Chagi), namun yang menjadi perbedaan tekhnik ini adalah , pada langkah awalan pengambilan memulai serangan. Untuk Dolyo chagi biasanya di mulai dengan mengunakan dengan kaki belakang , sedangkan I dan Dolyo chagi mengunakan awalan serangan dengan mengunakan kaki di depan.

I dan Deol Chagi

Tekhnik ini juga hampir sama dengan Deol chagi namun yang menjadi awalan kaki untuk menyerang adalah dengan kaki di depan. I dan Deol Chagi adalah menyerang dengan mengunakan kaki depan dengan tehnik dasarnya Deol Chagi (lihat tehknik Deol Chagi)

Twio Dwi chagi

Merupakan tekhnik khas taekwondo dasar tendangan dwi chagi namun yang menjadi pembeda adalah Dwi chadi tidak menyerang dalam posisi melompat, sedangkan Twio Dwi Chagi adalah menyerang dalam kondisi melompat dengan mengunakan tekhnik dasar dwi chagi (lihat Tekhnik Dwi Chagi)

Twio Dwi Hurigi

Tekhnik ini tidak jauh beda dengan twio dwi chagi, yaitu dengan melakukan serangan dengan cara melompat, namun tekhnim dasar yang dilakukan adalah dwi hurugi (lihat tekhnik Dwi Hurigi)

Nah itulah beberapa jurus dan tekhnik tendangan yang menjadi ciri khas pada beladiri taekwondo. Semoga bisa menguasai dan mempelajari tekhnik dengan cara rajin berlatih dan memiliki mental dan fisik yang siap.

Mau berlatih dan mempelajari tekhnik ini?

Kelas latihan yang di sediakan Dolke Rayyan Club disediakan untuk anda yang berminat, Silahkan anda kunjungi katalog materi kelas yang tersedia, dan silahkan mendaftar baik daftar di kelas latihan secara offline tersedia beberapa tempat latihan kami sesuai pilihan lokasi yang basis lokasi dari instruktur yang tersedia. Semoga dapat membantu anda dan membimbing anda untuk dapat mempelajari beladiri taekwondo.