Olahraga taekwondo sudah sangat populer di Indonesia dan ada banyak club mengajarkan seni bela diri asal korea ini. Tidak berbeda dengan seni bela diri lainnya, taekwondo juga memiliki tingkatan dengan tandanya yaitu warna sabuk yang melingkar di pinggang. Akan tetapi, sabuk yang digunakan berbeda dengan sabuk sekolah atau sabuk harian. Bagi Anda seorang pemula perlu mempelajari cara mengikat sabuk taekwondo. Selengkapnya mengenai cara memakai sabuk taekwondo yang benar.

Cara memakai sabuk taekwondo tentu tidak sembarangan, terdapat peraturan bagaimana untuk memasangnya. Hal inilah yang menjadi kesulitan bagi seorang pemula dan mereka biasanya akan meminta bantuan seniornya untuk mengikatkan sabuk. Namun, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada senior yang telah membantu dengan cara membungkukkan tubuh ke arah senior tersebut. Jika Anda masih merasa kesulitan, baca pembahasan selanjutnya untuk tutorialnya.

Cara Memakai Sabuk Taekwondo Sendiri

Bagaimana memasang sabuk taekwondo? Pertanyaan dasar yang pertama kali ditanyakan oleh seorang taekwondoin pemula sesaat sebelum latihan. Cara memakai sabuk taekwondo tidaklah sesulit seperti apa yang dipikirkan oleh pemula taekwondo. Mintalah petunjuk kepada senior untuk mengikat sabuk dan Anda bisa belajar darinya. Untuk lebih memperdalam cara mengikat sabuk pada taekwondo yang benar, Anda bisa melihat tutorial berikut ini:

Langkah Pertama

Cara memasang sabuk taekwondo yang pertama yaitu ambil sabuk sesuai dengan warna yang harus Anda kenakan. Jika Anda seorang pemula dan baru belajar bela diri taekwondo, maka sabuk putih adalah sabuk bagi para pemula. Cara mengenakannya yaitu Bentangkan sabuk tersebut dan atur posisi tengah tepat berada di depan perut atau pinggang. Jangan lupa untuk memposisikan bagian yang memiliki garis berada di sebelah kanan pinggang ketika sedang dibentangkan.

Langkah Kedua

Jika sabuk sudah dibentangkan sesuai dengan langkah pertama di atas, maka langkah selanjutnya Anda harus melingkarkan sabuk tersebut di pinggang dan mengarah ke belakang. Jadi, langkah ini atau langkah melingkarkan sabuk di pinggang tersebut, nantinya kedua sisi sabuk akan saling bertemu dan bertumpuk. Hal ini dilakukan untuk memberi efek terikat pada badan agar seragam bisa terikat oleh sabuk yang dikenakan.

Langkah Ketiga

Apabila sudah dilingkarkan seperti yang sudah dijelaskan di langkah kedua, maka langkah selanjutnya yaitu dengan menguatkan ikatan. Cara untuk menguatkan ikatan ini yang pertama Anda perlu mengarahkan kedua sisi sabuk ke arah depan lagi dan ditarik. Langkah ini bertujuan untuk memperkuat ikatan sabuk di pinggang. Anda perlu memastikan bahwa ikatannya dari sabuk tersebut telah kuat dan ingat untuk jangan terlalu kuat agar tidak mengganggu pernapasan.

Langkah Keempat

Pada langkah keempat atau langkah terakhir ini Anda tinggal menyelipkan tiap sisi pada lilitan sabuk tersebut. selipkan sisi sebelah kanan pada bagian kiri melalui bawah lilitan sabuk. Lalu selipkan sisi kiri pada bagian kanan melalui atas lilitan sabuk. Jika sudah dilakukan, maka akan menjadikannya simpul. Lalu yang terakhir yaitu Anda hanya perlu menarik ujung dari masing-masing sisi sabuk agar ikatan menjadi lebih kencang.

Arti Dari Setiap Warna Pada Sabuk Taekwondo

Jika tadi sudah membahas mengenai cara mengikat sabuk yang baik dan benar, maka Anda selanjutnya diharapkan untuk mengetahui makna dari setiap warna sabuk. Tentu Anda pasti akan penasaran mengapa setiap sabuk taekwondo yang dikenakan berbeda-beda warnanya. Ternyata setiap warna dari sabuk tersebut memiliki filosofinya masing-masing. Ketahui apa saja arti atau makan dari setiap sabuk tersebut pada pembahasan di bawah ini:

Sabuk Putih

Arti sabuk taekwondo untuk warna putih adalah melambangkan kesucian. Jadi, warna putih ini adalah awal atau dasar dari semua warna. Jika dikaitkan dengan seni bela diri taekwondo, maka sabuk putih menjadi titik dari sebuah permulaan. Di sabuk putih, para pemula taekwondo akan diajarkan jurus dasar Kibon 1.

Sabuk Kuning

Sabuk kuning taekwondo melambangkan bumi. Sabuk kuning adalah tahapan selanjutnya jika Anda lulus ujian kenaikan sabuk dari sabuk putih. Di sabuk kuning, para taekwondoin akan diajari Kibon 2 dan Kibon 3. Lalu, setelah dari sabuk kuning, maka taekwondoin akan naik ke sabuk kuning strip hijau terlebih dahulu. Baru setelah dari sabuk kuning strip hijau, maka taekwondoin bisa memiliki sabuk hijau dari setiap ujian kenaikan sabuk yang dilakukan.

Sabuk Hijau

Sabuk hijau memiliki lambang yaitu menyamai hijaunya pepohonan. Jadi, para taekwondon diharapkan bisa menumbuhkan dasar dari taekwondo yang dimiliki. Di sabuk hijau, para taekwondoin akan diajarkan Taeguk 2 dan selanjutnya akan naik ke sabuk hijau strip biru terlebih dahulu sebelum beranjak ke sabuk biru.

Sabuk Biru

Sabuk biru dalam taekwondo melambangkan birunya langit yang menyelimuti bumi dan isinya. Jadi, mereka para taekwondoin harus bisa mengetahui apa yang telah dipelajari. Di sabuk biru, para taekwondoin akan diajarkan Taeguk 4. Setelah dari sabuk biru, maka taekwondoin akan naik ke sabuk biru strip merah terlebih dahulu sebelum ke sabuk merah.

Sabuk Merah

Di sabuk merah yang melambangkan matahari ini, para taekwondoin diharapkan sudah menjadi pedoman bagi orang lain. Dari sini, mereka harus bisa mengontrol setiap sikap dan tindakan diri. Di sabuk merah, para taekwondoin akan diajarkan Taeguk 6 baru beranjak ke sabuk merah strip dua dan merah strip satu terlebih dahulu sebelum ke sabuk hitam.

Sabuk hitam

Sabuk hitam atau warna sabuk terakhir pada taekwondo ini melambangkan sebuah akhir, kedalaman, dan kematangan dalam berlatih. Dalam berlatih tersebut, seorang taekwondo harus memiliki kemampuan dalam penguasaan diri dari rasa takut dan kegelapan. Warna hitam ini juga melambangkan alam semesta dan jika dikaitkan pada taekwondo maka sabuk hitam berarti taekwondoin sudah mencapai tingkat tertinggi.

Di sabuk hitam sendiri, seorang taekwondoin sudah bisa disebut sebagai seorang guru. Jadi, guru tersebut akan diberi tugas untuk membantu junior atau tingkatan dibawahnya dalam berlatih dan belajar taekwondo. Sabuk hitam sendiri memiliki tingkatan atau tahapannya lagi, yaitu tahapan yang dimulai dari Dan 1 hingga Dan 9.

Nah, itulah beberapa tutorial atau cara memakai sabuk taekwondo beserta arti dari tiap warna sabuk. Panduan memasang sabuk taekwondo tersebut bisa Anda praktekkan di rumah sendiri. Jangan hanya sekedar memakai sabuk tersebut, namun pahami juga makna dari setiap warna sabuk. Dengan itu, maka Anda bisa jadi orang yang berguna bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain. Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga bacaan tersebut bisa memberikan Anda pengetahuan dan bermanfaat