Jika ingin menjadi taekwondoin profesional tentu belajar di tempat latihan saja tidak cukup. Artikel ini akan memberikan pembahasan mengenai bagaimana cara belajar taekwondo sendiri di rumah.

Belajar taekwondo bisa dimana saja dan siapa saja, dan tak terkecuali belajar sendiri di rumah. Belajar taekwondo tidak selamanya harus di tempat latihan dan didampingi oleh guru yang profesional. Latihan taekwondo bisa dilakukan sendiri di rumah untuk mengulang materi yang sudah diajarkan sebelumnya agar tidak lupa. Cara belajar taekwondo sendiri di rumah juga harus diperhatikan mengenai kebenaran dan ketepatan teknik yang dilakukan.

Apabila Anda belajar taekwondo di rumah, bisa dilakukan di ruangan khusus berlatih atau di alam terbuka. Tidak selamanya mengenai teknik, Anda juga bisa melatih fisik agar lebih cepat ketika melakukan gerakan. Gerakan yang lazim di taekwondo adalah tendangan, pukulan, sabetan dan tusukan, serta tangkisan. Artikel ini akan memberikan Anda pembahasan mengenai bagaimana cara belajar taekwondo sendiri di rumah dengan memperhatikan teknik yang diajarkan di taekwondo.

Cara Belajar Taekwondo Sendiri Di Rumah Untuk Latihan Dasar

Teknik dasar taekwondo cukup banyak yang harus dikuasai. Adapun latihan taekwondo sendiri meliputi sistem secara menyeluruh dari pukulan sebagai serangan dan pertahanan menggunakan tangan. Namun, perlu dipahami bahwa di taekwondo tidak berfokus pada pergulatan. Olahraga taekwondo sendiri sudah sangat terkenal di Indonesia dan sering dipertandingkan di olimpiade. Jika Anda ingin belajar di rumah, berikut cara belajar taekwondo sendiri di rumah untuk dasar latihannya:

Latihan Poomsae (Rangkaian Gerakan Jurus)

Latihan poomsae merupakan serangkaian jurus dari gerakan dasar yang digunakan untuk pertahanan dan serangan dengan melawan musuh dalam bentuk imajiner. Pada rangkaian jurus ini, berbagai gerakan bisa dilahirkan dan digunakan untuk serangan serta pertahanan diri yang kuat. Gerakan-gerakan dari poomsae banyak mengikuti filosofi gerakan yang berasal dari bangsa Korea.

Latihan Kyukpa (Pemecahan Benda Keras)

Materi latihan dasar taekwondo yaitu latihan Kyukpa yang merupakan latihan dengan mengandalkan teknik pemecahan benda keras. Ketika Anda sedang melatihnya, maka perlu suatu obyek yang berupa benda mati. Benda mati ini bisa apa saja, asal sesuai dengan kebutuhan dalam latihan Kyukpa. Misalnya benda keras yang biasa digunakan untuk latihan ini antara lain: genting, batu bata, atau papan kayu yang bisa ditendang, disabet, serta dipukul.

Tujuan dari latihan kyukpa adalah untuk mengukur seberapa besar kemampuan yang dimiliki taekwondoin dalam menentukan sasaran secara tepat. Untuk melakukan latihan Kyukpa, Anda bisa menggunakan benda mati yang bersifat keras. Latihlah diri Anda dengan gerakan memukul, menendang, menyabet, dan bisa juga dilakukan dengan mengandalkan kekuatan jari tangan yang untuk menyabet benda dengan keras.

Latihan Kyoruki (Pertarungan)

Latihan kyoruki merupakan latihan pertarungan dengan mengandalkan teknik gerakan dasar untuk diaplikasikan. Dalam latihan ini, butuh 2 orang untuk melakukannya yang saling bertarung untuk menciptakan teknik serangan dan pertahanan terhadap diri sendiri. Jika Anda ingin melatih teknik ini di rumah, maka Anda bisa melakukannya menggunakan beberapa media. Misalnya menggunakan bantuan alat atau samsak yang menyerupai bentuk orang. Dan Jika Uji Coba Sparing dengan Patnert Gunakan Body protector atau pelindung tubuh untuk memghindari benturan keras atas sasaran dan pukulan dari teman atau patner sparing.

Latihan Kuda-Kuda

Dalam seni bela diri taekwondo, teknik kuda-kuda merupakan teknik dasar untuk dikuasai pemula. Tujuan dari kuda-kuda yaitu menjadi pondasi ketika menyerang maupun bertahan. Kuda-kuda harus dilakukan dengan baik agar menjaga keseimbangan tubuh ketika sedang bertarung. Semakin kuat kuda-kuda, maka tubuh akan semakin seimbang saat menerima serangan dari lawan. Ap Koobi, Ap Seogi, Moa Seogi, Beom Seogi, Dwit Koobi, dan Joochoom merupakan teknik kuda-kuda.

Latihan Tendangan

Pada bela diri taekwondo, gerakan menendang merupakan salah satu gerakan utama yang perlu dipelajari dan dikuasai. Ada berbagai jenis tendangan taekwondo mematikan yang bisa digunakan untuk melumpuhkan lawan. Seseorang taekwondoin harus memiliki tendangan kaki yang kuat, tepat, dan seimbang. Untuk menciptakan tendangan semacam itu, tentu perlu dilakukan latihan pada kaki karena tendangan ini menitikberatkan di kekuatan otot kaki.

Anda bisa melatih tendangan sendiri di rumah yaitu menggunakan samsak agar tendangan menjadi kuat dan akurat. Ciptakanlah kekuatan dan kelenturan otot kaki dengan beberapa gerakan seperti gerakan squat, teknik side kick, split, gerakan drill yang fokusnya ada pada kaki. Ada beberapa jenis tendangan yang terkenal di taekwondo, seperti Dolke Chagi, Ap Chagi, Narae Chagi, Dwi Hurigi, Dwi Chagi, Yeop Chagi, Dollyo Chagi, Neryo Chagi, dan lain-lain.

Latihan Pukulan

Dalam taekwondo bukan hanya tendangan saja yang menjadi andalan, tapi juga pukulannya. Gerakan pukulan menjadi gerakan dasar di dalam bela diri taekwondo. Pada dasarnya, gerakan pukulan dilakukan dengan tujuan untuk menyerang lawan. Ada beberapa teknik pukulan yang terkenal di taekwondo, seperti Yeop Jireugi, Eolgol Jireugi, Arae Jireugi, Momtong Jireugi, Chi Jireugi, Dollyeo Jireugi, Digeutja Jireugi, dan sebagainya.

Anda bisa melatih gerakan pukulan sendiri di rumah, misalnya dengan gerakan memukul pada samsak dengan menitikberatkan pada kekuatan otot tangan. Latihan memukul samsak ini, bisa menciptakan gerakan pukulan yang bagus. Selain itu juga bisa menciptakan kekuatan pukulan yang seimbang. Semakin kuat pergerakan samsak yang akan dipukul, maka semakin baik juga teknik pukulan yang terjadi.

Latihan Sabetan dan Tusukan

Dalam taekwondo tidak hanya gerakan mengenai memukul dan menendang saja, terdapat teknik sabetan/chigi dan tusukan/chireugi yang banyak digunakan. Biasanya teknik sabetan dan tusukan ini dimanfaatkan dalam proses penyerangan di area vital lawan.

Walaupun teknik sabetan dan tusukan ini jarang digunakan, namun Anda tetap dianjurkan untuk berlatih gerakan sabetan dan tusukan dengan beberapa teknik tertentu. Untuk teknik sabetan sendiri Anda bisa mencoba menitikberatkan kekuatan di bagian lutut dan sikut. Hal ini dikarenakan pada bagian tersebut Anda bisa melumpuhkan gerakan lawan lebih cepat.

Latihan Tangkisan

Teknik tangkisan dalam dunia taekwondo biasa disebut dengan makki. Teknik ini merupakan beberapa gerakan yang diciptakan untuk bertahan dari serangan lawan. Gerakan makki dalam taekwondo sendiri yang sudah terkenal seperti Momtong An Makki, Area Makki, Eolgol Makki, Batang Son Makki, Hecho Makki, Sonnal Makki, Bakkat Makki, dan lain-lain bisa membantu Anda bertahan.
Itulah beberapa cara belajar taekwondo sendiri di rumah. Ada banyak istilah dalam taekwondo yang perlu Anda pahami dan cermati agar bisa mengikuti setiap latihan yang ada. Gerakan-gerakan dasar dalam taekwondo bisa dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan kekuatan dan kecepatan gerakan ketika menyerang, dan bertahan.

Walaupun Anda bisa berlatih sendiri di rumah, namun sangat disarankan untuk berlatih di tempat latihan. Hal ini diperlukan karena ketika Anda berlatih di tempat latihan, maka akan didampingi oleh guru profesional yang bisa mengajari untuk menguasai teknik dengan cepat. Selain itu, guru juga bisa memberikan nasihat dan memperbaiki setiap gerakan yang salah. Apabila terjadi cidera yang tidak diinginkan, saat Anda berlatih di tempat latihan maka bisa segera diberi pertolongan

Tempat Latihan Yang bisa Anda coba Tinjau cek menu kelas latihan di situs kami ini semoga dapat memberi info menarik dan sesuai di Join Latihan Taekwondo Kunjungi Tombol Menu Area Member Di Situs Ini.

Untuk Berlatih Sendiri di bimbing via tutor baik secara offline maupun online dapat juga anda ikuti di room kursus yang di sediakan untuk materi latihan yang ingin anda latih cek room kelas atau kelas kursus di bawah ini