Blog

Daftar Nama Kelas pada kelompok usia kategori Junior pada Ivent Taekwondo

Taekwondo merupakan olahraga beladiri populer dah sudah di kenal seantero dunia. Dimana saja negara di dunia, selalu mengadakan ivent kejuaraan taekwondo, baik kelompok senior maupun junior serta usia dini.

Pada kejuaraan Taekwondo sudah mulai merata di setiap daerah diadakan secara open untuk upaya pembinaan dan pengembangan prestasi sejak dini

Kelompokkan bagi peserta kejuaraan di kelompok umur junior adalah yang telah berusia 15 – 17 tahun.

Di Indonesia saat ini ivent / kejuaraan taekwondo dan menjadi agenda tahunan baik diadakan oleh klub taekwondo maupun pengurus daerah untuk menunjang upaya pemgembangan dan pembinaan prestasi taekwondo.

Untuk hal ini kita ingin mengenal apa saja kelas kelas atau kategori umur dalam kejuaraan taekwondo? Untuk kategori kelas Junior.?

Nah bagi peserta kejuaraan kategori junior bisa di tinjau disini terlebih dahulu kategori sesuai umur.

Daftar Kategori kelas sesuai umur peserta

Usia Dini A : 6 – 7 Tahun (maksimal kelahiran tahun 2012)
Usia Dini B : 8 – 9 Tahun (maksimal kelahiran tahun 2010)
Cadet : 10 – 11 Tahun (maksimal kelahiran tahun 2008)
Pra Junior : 12 – 14 Tahun (maksimal kelahiran tahun 2005)
Junior : 15 – 17 Tahun (maksimal kelahiran tahun 2002)
Senior : 18 Tahun keatas (minimal kelahiran tahun 2001)
Legend : 30 Tahun keatas (minimal kelahiran tahun 1989)
Dibuktikan dengan AKTE KELAHIRAN ASLI

Kita bisa melihat kategori umur adalah pada kelompok Junior adalah pemilik usia 15 – 17 tahun.

Nah disini bagi kita untuk mengenal daftar kelas dari kelompok umur Junior sesuai berat badan.

Hosting Unlimited Indonesia
sesuai Kelas Berat badan
Putra Kelas Putri Kelas
Under 45 Kg U 45 Under 42 kg U 42
under 48 kg U 48 Under 44 kg U 44
Under 51 kg U 51 Under 46 kg U 46
Under 55 kg U 55 Under 49 kg U 49
Under 59 kg U 59 Under 52 kg U 52
Under 63 kg U 63 Under 55 kg U 55
Under 68 kg U 68 Under 59 kg U 59
Under 73 kg U 73 Under 63 kg U 63
Under 78 kg U 78 Under 68 kg U 68
Over 78 kg O 78 Over 68 kg O 68
Ket : Setiap kelas memiliki pencapaian berat badan di kelas adalah batas maximal adalah dengan nama under,

Demikian lah kelompok kelas untuk kategori umur Junior pada kejuaraan taekwondo. Semoga bermanfaat.

Kunjungi kami selalu dan save link kami untuk mengetahui atau mendapatkan artikel tentang taekwondo lainnya.

Salam Kyongre by admin

3 Bentuk Tekhnik Tendangan Khas Taekwondo

Taekwondo merupakan seni bela diri yang lebih dominan menggunakan kaki dan lebih sedikit mengunakan tangan dalam gerakan beladiri. Namun dari hal ini bukan berarti taekwondo tidak mengindahkan tekhnik atau jurus pada tangan, untuk tekhnik nya mengunakan tangan dapat di lihat artikel disini

Dalam Setiap Tekhnik Beladiri apa saja tentu memiliki Tekhnik ciri khas nya masing masing, dengan melihat beberapa tekhnik atau sekilas jurus tendangan apa saja tentu bagi yang sudah mengenal beberapa olahraga beladiri akan tahu bahwa gerakan jurus atau tekhnik tendangan tersebut dikenal bahwa ini itu dari tekhnik beladiri ini.

Nah bagi anda yang ingin mengenal tekhnik ciri khas taekwondo munkin bisa kita kenalkan beberapa tekhnik khas nya taekwondo lebih dominan di kenal orang atau praktisi beladiri. Disini 3 contoh tekhnik khasnya dari taekwondo semoga bermanfaat.

1.Deol Chagi

Yaitu tendangan dengan sasaran ke arah kepala dengan daya gerakan posisi mencangkul dan mengarah ke depan. Kaki yang digunakan pada teknik ini yaitu dengan menggunakan tumit dan sasarannya adalah kepala, dan biasanya bagi kita di kenal dengan tendangan pàcul

Anda harus mengangkat kaki setinggi mungkin dan menghempaskannya seperti gerakan mencangkul. Tendangan ini bisa menjadi teknik yang mematikan bagi lawan.

2.Twio Dwi Chagi.

Teknik yang satu ini merupakan teknik tendangan yang arahnya ke belakang dengan mengambil awalan dengan melompat dan berputar. Teknik ini dilakukan dengan mengangkat tapak atau tumit kaki lalu menyentakkan kaki ke arah belakang. Sasaran yang dituju dari teknik ini yaitu daerah perut dan kepala

3.Dolke Chagi

Tekhnik ini merupakan tekhnik tendangan dilakukan dengan memutarkan badan ke arah belakang sejauh 360o. Tendangan ini dilakukan dengan cepat secara berputar dan mengambil posisi agak melompat agar tendangan dapat terlihat indah. Tendangan ini juga biasa disebut dengan tendangan tornado.

Dari Tiga tendangan diatas untuk sacara visual dapat di lihat dari VidMod yang kami sajikan di bawah ini.

Tonton Video

3 Tekhnik Khas Taekwondo

Nah sampai disini dulu beberapa tekhnik taekwondo yang kami kenalkan, semoga bermanfaat.

Jangan lupa share dan berbagi sesama teman untuk dapat mengenal taekwondo, bagi yang ingin mengikuti taekwondo dapat di tinjau katalog tempat tempat latihan taekwondo yang semoga dekat dan berdomisili di lokasi anda.

Salam kyongre. Terima kasih.

Cara Belajar Taekwondo Sendiri Di Rumah

Jika ingin menjadi taekwondoin profesional tentu belajar di tempat latihan saja tidak cukup. Artikel ini akan memberikan pembahasan mengenai bagaimana cara belajar taekwondo sendiri di rumah.

Belajar taekwondo bisa dimana saja dan siapa saja, dan tak terkecuali belajar sendiri di rumah. Belajar taekwondo tidak selamanya harus di tempat latihan dan didampingi oleh guru yang profesional. Latihan taekwondo bisa dilakukan sendiri di rumah untuk mengulang materi yang sudah diajarkan sebelumnya agar tidak lupa. Cara belajar taekwondo sendiri di rumah juga harus diperhatikan mengenai kebenaran dan ketepatan teknik yang dilakukan.

Apabila Anda belajar taekwondo di rumah, bisa dilakukan di ruangan khusus berlatih atau di alam terbuka. Tidak selamanya mengenai teknik, Anda juga bisa melatih fisik agar lebih cepat ketika melakukan gerakan. Gerakan yang lazim di taekwondo adalah tendangan, pukulan, sabetan dan tusukan, serta tangkisan. Artikel ini akan memberikan Anda pembahasan mengenai bagaimana cara belajar taekwondo sendiri di rumah dengan memperhatikan teknik yang diajarkan di taekwondo.

Cara Belajar Taekwondo Sendiri Di Rumah Untuk Latihan Dasar

Teknik dasar taekwondo cukup banyak yang harus dikuasai. Adapun latihan taekwondo sendiri meliputi sistem secara menyeluruh dari pukulan sebagai serangan dan pertahanan menggunakan tangan. Namun, perlu dipahami bahwa di taekwondo tidak berfokus pada pergulatan. Olahraga taekwondo sendiri sudah sangat terkenal di Indonesia dan sering dipertandingkan di olimpiade. Jika Anda ingin belajar di rumah, berikut cara belajar taekwondo sendiri di rumah untuk dasar latihannya:

Latihan Poomsae (Rangkaian Gerakan Jurus)

Latihan poomsae merupakan serangkaian jurus dari gerakan dasar yang digunakan untuk pertahanan dan serangan dengan melawan musuh dalam bentuk imajiner. Pada rangkaian jurus ini, berbagai gerakan bisa dilahirkan dan digunakan untuk serangan serta pertahanan diri yang kuat. Gerakan-gerakan dari poomsae banyak mengikuti filosofi gerakan yang berasal dari bangsa Korea.

Latihan Kyukpa (Pemecahan Benda Keras)

Materi latihan dasar taekwondo yaitu latihan Kyukpa yang merupakan latihan dengan mengandalkan teknik pemecahan benda keras. Ketika Anda sedang melatihnya, maka perlu suatu obyek yang berupa benda mati. Benda mati ini bisa apa saja, asal sesuai dengan kebutuhan dalam latihan Kyukpa. Misalnya benda keras yang biasa digunakan untuk latihan ini antara lain: genting, batu bata, atau papan kayu yang bisa ditendang, disabet, serta dipukul.

Tujuan dari latihan kyukpa adalah untuk mengukur seberapa besar kemampuan yang dimiliki taekwondoin dalam menentukan sasaran secara tepat. Untuk melakukan latihan Kyukpa, Anda bisa menggunakan benda mati yang bersifat keras. Latihlah diri Anda dengan gerakan memukul, menendang, menyabet, dan bisa juga dilakukan dengan mengandalkan kekuatan jari tangan yang untuk menyabet benda dengan keras.

Latihan Kyoruki (Pertarungan)

Latihan kyoruki merupakan latihan pertarungan dengan mengandalkan teknik gerakan dasar untuk diaplikasikan. Dalam latihan ini, butuh 2 orang untuk melakukannya yang saling bertarung untuk menciptakan teknik serangan dan pertahanan terhadap diri sendiri. Jika Anda ingin melatih teknik ini di rumah, maka Anda bisa melakukannya menggunakan beberapa media. Misalnya menggunakan bantuan alat atau samsak yang menyerupai bentuk orang. Dan Jika Uji Coba Sparing dengan Patnert Gunakan Body protector atau pelindung tubuh untuk memghindari benturan keras atas sasaran dan pukulan dari teman atau patner sparing.

Latihan Kuda-Kuda

Dalam seni bela diri taekwondo, teknik kuda-kuda merupakan teknik dasar untuk dikuasai pemula. Tujuan dari kuda-kuda yaitu menjadi pondasi ketika menyerang maupun bertahan. Kuda-kuda harus dilakukan dengan baik agar menjaga keseimbangan tubuh ketika sedang bertarung. Semakin kuat kuda-kuda, maka tubuh akan semakin seimbang saat menerima serangan dari lawan. Ap Koobi, Ap Seogi, Moa Seogi, Beom Seogi, Dwit Koobi, dan Joochoom merupakan teknik kuda-kuda.

Latihan Tendangan

Pada bela diri taekwondo, gerakan menendang merupakan salah satu gerakan utama yang perlu dipelajari dan dikuasai. Ada berbagai jenis tendangan taekwondo mematikan yang bisa digunakan untuk melumpuhkan lawan. Seseorang taekwondoin harus memiliki tendangan kaki yang kuat, tepat, dan seimbang. Untuk menciptakan tendangan semacam itu, tentu perlu dilakukan latihan pada kaki karena tendangan ini menitikberatkan di kekuatan otot kaki.

Anda bisa melatih tendangan sendiri di rumah yaitu menggunakan samsak agar tendangan menjadi kuat dan akurat. Ciptakanlah kekuatan dan kelenturan otot kaki dengan beberapa gerakan seperti gerakan squat, teknik side kick, split, gerakan drill yang fokusnya ada pada kaki. Ada beberapa jenis tendangan yang terkenal di taekwondo, seperti Dolke Chagi, Ap Chagi, Narae Chagi, Dwi Hurigi, Dwi Chagi, Yeop Chagi, Dollyo Chagi, Neryo Chagi, dan lain-lain.

Latihan Pukulan

Dalam taekwondo bukan hanya tendangan saja yang menjadi andalan, tapi juga pukulannya. Gerakan pukulan menjadi gerakan dasar di dalam bela diri taekwondo. Pada dasarnya, gerakan pukulan dilakukan dengan tujuan untuk menyerang lawan. Ada beberapa teknik pukulan yang terkenal di taekwondo, seperti Yeop Jireugi, Eolgol Jireugi, Arae Jireugi, Momtong Jireugi, Chi Jireugi, Dollyeo Jireugi, Digeutja Jireugi, dan sebagainya.

Anda bisa melatih gerakan pukulan sendiri di rumah, misalnya dengan gerakan memukul pada samsak dengan menitikberatkan pada kekuatan otot tangan. Latihan memukul samsak ini, bisa menciptakan gerakan pukulan yang bagus. Selain itu juga bisa menciptakan kekuatan pukulan yang seimbang. Semakin kuat pergerakan samsak yang akan dipukul, maka semakin baik juga teknik pukulan yang terjadi.

Latihan Sabetan dan Tusukan

Dalam taekwondo tidak hanya gerakan mengenai memukul dan menendang saja, terdapat teknik sabetan/chigi dan tusukan/chireugi yang banyak digunakan. Biasanya teknik sabetan dan tusukan ini dimanfaatkan dalam proses penyerangan di area vital lawan.

Walaupun teknik sabetan dan tusukan ini jarang digunakan, namun Anda tetap dianjurkan untuk berlatih gerakan sabetan dan tusukan dengan beberapa teknik tertentu. Untuk teknik sabetan sendiri Anda bisa mencoba menitikberatkan kekuatan di bagian lutut dan sikut. Hal ini dikarenakan pada bagian tersebut Anda bisa melumpuhkan gerakan lawan lebih cepat.

Latihan Tangkisan

Teknik tangkisan dalam dunia taekwondo biasa disebut dengan makki. Teknik ini merupakan beberapa gerakan yang diciptakan untuk bertahan dari serangan lawan. Gerakan makki dalam taekwondo sendiri yang sudah terkenal seperti Momtong An Makki, Area Makki, Eolgol Makki, Batang Son Makki, Hecho Makki, Sonnal Makki, Bakkat Makki, dan lain-lain bisa membantu Anda bertahan.
Itulah beberapa cara belajar taekwondo sendiri di rumah. Ada banyak istilah dalam taekwondo yang perlu Anda pahami dan cermati agar bisa mengikuti setiap latihan yang ada. Gerakan-gerakan dasar dalam taekwondo bisa dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan kekuatan dan kecepatan gerakan ketika menyerang, dan bertahan.

Walaupun Anda bisa berlatih sendiri di rumah, namun sangat disarankan untuk berlatih di tempat latihan. Hal ini diperlukan karena ketika Anda berlatih di tempat latihan, maka akan didampingi oleh guru profesional yang bisa mengajari untuk menguasai teknik dengan cepat. Selain itu, guru juga bisa memberikan nasihat dan memperbaiki setiap gerakan yang salah. Apabila terjadi cidera yang tidak diinginkan, saat Anda berlatih di tempat latihan maka bisa segera diberi pertolongan

Tempat Latihan Yang bisa Anda coba Tinjau cek menu kelas latihan di situs kami ini semoga dapat memberi info menarik dan sesuai di Join Latihan Taekwondo Kunjungi Tombol Menu Area Member Di Situs Ini.

Untuk Berlatih Sendiri di bimbing via tutor baik secara offline maupun online dapat juga anda ikuti di room kursus yang di sediakan untuk materi latihan yang ingin anda latih cek room kelas atau kelas kursus di bawah ini

Cara Memakai Sabuk Taekwondo dan Arti Dari Setiap Warnanya

Olahraga taekwondo sudah sangat populer di Indonesia dan ada banyak club mengajarkan seni bela diri asal korea ini. Tidak berbeda dengan seni bela diri lainnya, taekwondo juga memiliki tingkatan dengan tandanya yaitu warna sabuk yang melingkar di pinggang. Akan tetapi, sabuk yang digunakan berbeda dengan sabuk sekolah atau sabuk harian. Bagi Anda seorang pemula perlu mempelajari cara mengikat sabuk taekwondo. Selengkapnya mengenai cara memakai sabuk taekwondo yang benar.

Cara memakai sabuk taekwondo tentu tidak sembarangan, terdapat peraturan bagaimana untuk memasangnya. Hal inilah yang menjadi kesulitan bagi seorang pemula dan mereka biasanya akan meminta bantuan seniornya untuk mengikatkan sabuk. Namun, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada senior yang telah membantu dengan cara membungkukkan tubuh ke arah senior tersebut. Jika Anda masih merasa kesulitan, baca pembahasan selanjutnya untuk tutorialnya.

Cara Memakai Sabuk Taekwondo Sendiri

Bagaimana memasang sabuk taekwondo? Pertanyaan dasar yang pertama kali ditanyakan oleh seorang taekwondoin pemula sesaat sebelum latihan. Cara memakai sabuk taekwondo tidaklah sesulit seperti apa yang dipikirkan oleh pemula taekwondo. Mintalah petunjuk kepada senior untuk mengikat sabuk dan Anda bisa belajar darinya. Untuk lebih memperdalam cara mengikat sabuk pada taekwondo yang benar, Anda bisa melihat tutorial berikut ini:

Langkah Pertama

Cara memasang sabuk taekwondo yang pertama yaitu ambil sabuk sesuai dengan warna yang harus Anda kenakan. Jika Anda seorang pemula dan baru belajar bela diri taekwondo, maka sabuk putih adalah sabuk bagi para pemula. Cara mengenakannya yaitu Bentangkan sabuk tersebut dan atur posisi tengah tepat berada di depan perut atau pinggang. Jangan lupa untuk memposisikan bagian yang memiliki garis berada di sebelah kanan pinggang ketika sedang dibentangkan.

Langkah Kedua

Jika sabuk sudah dibentangkan sesuai dengan langkah pertama di atas, maka langkah selanjutnya Anda harus melingkarkan sabuk tersebut di pinggang dan mengarah ke belakang. Jadi, langkah ini atau langkah melingkarkan sabuk di pinggang tersebut, nantinya kedua sisi sabuk akan saling bertemu dan bertumpuk. Hal ini dilakukan untuk memberi efek terikat pada badan agar seragam bisa terikat oleh sabuk yang dikenakan.

Langkah Ketiga

Apabila sudah dilingkarkan seperti yang sudah dijelaskan di langkah kedua, maka langkah selanjutnya yaitu dengan menguatkan ikatan. Cara untuk menguatkan ikatan ini yang pertama Anda perlu mengarahkan kedua sisi sabuk ke arah depan lagi dan ditarik. Langkah ini bertujuan untuk memperkuat ikatan sabuk di pinggang. Anda perlu memastikan bahwa ikatannya dari sabuk tersebut telah kuat dan ingat untuk jangan terlalu kuat agar tidak mengganggu pernapasan.

Langkah Keempat

Pada langkah keempat atau langkah terakhir ini Anda tinggal menyelipkan tiap sisi pada lilitan sabuk tersebut. selipkan sisi sebelah kanan pada bagian kiri melalui bawah lilitan sabuk. Lalu selipkan sisi kiri pada bagian kanan melalui atas lilitan sabuk. Jika sudah dilakukan, maka akan menjadikannya simpul. Lalu yang terakhir yaitu Anda hanya perlu menarik ujung dari masing-masing sisi sabuk agar ikatan menjadi lebih kencang.

Arti Dari Setiap Warna Pada Sabuk Taekwondo

Jika tadi sudah membahas mengenai cara mengikat sabuk yang baik dan benar, maka Anda selanjutnya diharapkan untuk mengetahui makna dari setiap warna sabuk. Tentu Anda pasti akan penasaran mengapa setiap sabuk taekwondo yang dikenakan berbeda-beda warnanya. Ternyata setiap warna dari sabuk tersebut memiliki filosofinya masing-masing. Ketahui apa saja arti atau makan dari setiap sabuk tersebut pada pembahasan di bawah ini:

Sabuk Putih

Arti sabuk taekwondo untuk warna putih adalah melambangkan kesucian. Jadi, warna putih ini adalah awal atau dasar dari semua warna. Jika dikaitkan dengan seni bela diri taekwondo, maka sabuk putih menjadi titik dari sebuah permulaan. Di sabuk putih, para pemula taekwondo akan diajarkan jurus dasar Kibon 1.

Sabuk Kuning

Sabuk kuning taekwondo melambangkan bumi. Sabuk kuning adalah tahapan selanjutnya jika Anda lulus ujian kenaikan sabuk dari sabuk putih. Di sabuk kuning, para taekwondoin akan diajari Kibon 2 dan Kibon 3. Lalu, setelah dari sabuk kuning, maka taekwondoin akan naik ke sabuk kuning strip hijau terlebih dahulu. Baru setelah dari sabuk kuning strip hijau, maka taekwondoin bisa memiliki sabuk hijau dari setiap ujian kenaikan sabuk yang dilakukan.

Sabuk Hijau

Sabuk hijau memiliki lambang yaitu menyamai hijaunya pepohonan. Jadi, para taekwondon diharapkan bisa menumbuhkan dasar dari taekwondo yang dimiliki. Di sabuk hijau, para taekwondoin akan diajarkan Taeguk 2 dan selanjutnya akan naik ke sabuk hijau strip biru terlebih dahulu sebelum beranjak ke sabuk biru.

Sabuk Biru

Sabuk biru dalam taekwondo melambangkan birunya langit yang menyelimuti bumi dan isinya. Jadi, mereka para taekwondoin harus bisa mengetahui apa yang telah dipelajari. Di sabuk biru, para taekwondoin akan diajarkan Taeguk 4. Setelah dari sabuk biru, maka taekwondoin akan naik ke sabuk biru strip merah terlebih dahulu sebelum ke sabuk merah.

Sabuk Merah

Di sabuk merah yang melambangkan matahari ini, para taekwondoin diharapkan sudah menjadi pedoman bagi orang lain. Dari sini, mereka harus bisa mengontrol setiap sikap dan tindakan diri. Di sabuk merah, para taekwondoin akan diajarkan Taeguk 6 baru beranjak ke sabuk merah strip dua dan merah strip satu terlebih dahulu sebelum ke sabuk hitam.

Sabuk hitam

Sabuk hitam atau warna sabuk terakhir pada taekwondo ini melambangkan sebuah akhir, kedalaman, dan kematangan dalam berlatih. Dalam berlatih tersebut, seorang taekwondo harus memiliki kemampuan dalam penguasaan diri dari rasa takut dan kegelapan. Warna hitam ini juga melambangkan alam semesta dan jika dikaitkan pada taekwondo maka sabuk hitam berarti taekwondoin sudah mencapai tingkat tertinggi.

Di sabuk hitam sendiri, seorang taekwondoin sudah bisa disebut sebagai seorang guru. Jadi, guru tersebut akan diberi tugas untuk membantu junior atau tingkatan dibawahnya dalam berlatih dan belajar taekwondo. Sabuk hitam sendiri memiliki tingkatan atau tahapannya lagi, yaitu tahapan yang dimulai dari Dan 1 hingga Dan 9.

Nah, itulah beberapa tutorial atau cara memakai sabuk taekwondo beserta arti dari tiap warna sabuk. Panduan memasang sabuk taekwondo tersebut bisa Anda praktekkan di rumah sendiri. Jangan hanya sekedar memakai sabuk tersebut, namun pahami juga makna dari setiap warna sabuk. Dengan itu, maka Anda bisa jadi orang yang berguna bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain. Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga bacaan tersebut bisa memberikan Anda pengetahuan dan bermanfaat

Manfaat Taekwondo yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Ini Dia Manfaat Taekwondo yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh.

Taekwondo menjadi seni bela diri asal korea selatan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Seni bela diri termasuk ke dalam golongan yang didasarkan kepada kecepatan dan tingginya tendangan. Taekwondo sendiri menjadi olahraga bela diri yang ditujukan bagi semua umur. Manfaat taekwondo bagi kesehatan bisa menjadikan tubuh menjadi bugar dan lebih sehat. Selengkapnya mengenai manfaat taekwondo akan dibahas pada artikel ini.

Para taekwondoin tidak hanya menjadikan taekwondo menjadi sarana untuk memperoleh gelar juara dari setiap pertandingan. Namun, taekwondo juga bisa menjadi sarana untuk menyehatkan tubuh jika dilihat dari beberapa manfaat taekwondo.

Manfaat Taekwondo Bagi Kesehatan

Latihan taekwondo perlu dilakukan dengan baik dan benar agar tidak terjadi cedera yang serius dan membuat Anda tidak bisa berlatih lagi. Ketika Anda berlatih dengan benar, maka manfaat taekwondo yang bisa menyehatkan tubuh bisa diperoleh. Lalu apa saja manfaat taekwondo yang bisa menyehatkan tubuh? Berikut penjelasannya:

Melancarkan Peredaran Darah

Ketika sedang berlatih taekwondo, maka otot otot akan terlibat dalam setiap gerakan yang dilakukan. Dari otot otot yang ikut serta bersama gerakan tersebut, maka peredaran darah juga menjadi terpacu. Hal ini terjadi karena seni bela diri taekwondo membutuhkan banyak oksigen untuk setiap gerakan yang dilakukan. Nah, dengan banyaknya oksigen yang ada dalam tubuh maka bisa melancarkan peredaran darah.

Menyehatkan Jantung

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya bahwa taekwondo melibatkan semua otot dalam tubuh. Otot dalam tubuh yang dilibatkan tersebut termasuk otot otot jantung. Hal ini bagus untuk tubuh karena bisa meningkatkan fungsi kerja dari jantung serta menyehatkannya secara menyeluruh. Apabila Anda berlatih taekwondo selama 30 menit setiap harinya, maka bisa membantu tubuh agar lebih segar.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Dampak positif taekwondo pada tubuh berikutnya yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena ketika detak jantung meningkat ketika berlatih taekwondo, maka sirkulasi darah juga ikut meningkat. Hal ini memicu oto otot menjadi aktif, sehingga tubuh juga dipaksa untuk membakar lebih banyak kalori yang ada dalam tubuh. Dengan terbakarnya kalori tersebut, maka berat badan juga menjadi turun. Teraturlah berlatih taekwondo untuk menjaga berat badan yang ideal.

Menguatkan Otot dan Meningkatkan Stamina

Dengan Anda berlatih taekwondo, maka bisa menguatkan otot otot, tulang, tendon, dan ligamen. Dengan bertambahnya kekuatan otot, maka tenaga juga semakin kuat. Hal ini berhubungan dengan meningkatnya stamina dalam tubuh. Meningkatnya stamina ini terjadi karena kinerja jantung yang lebih aktif saat sedang berlatih taekwondo. Dengan meningkatnya stamina ini maka tubuh bisa bekerja lebih lama dan tidak mudah lelah.

Manfaat Taekwondo dalam Kesehatan Psikis

Jika pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan manfaat latihan taekwondo pada kesehatan tubuh, selanjutnya akan dijelaskan manfaatnya dalam kesehatan psikis. Berikut beberapa manfaat dari berlatih taekwondo untuk kesehatan psikis pada setiap orang:

Lebih Percaya Diri

Dengan Anda berlatih taekwondo, maka bisa membantu dalam membangun rasa percaya diri yang sempat menghilang. Hal ini karena dengan berlatih taekwondo bisa memacu untuk lebih berlatih dengan baik agar berhasil dalam setiap pertandingan. Selain itu, berlatih taekwondo juga bisa membuat diri kita mampu mengambil kendali terhadap hidup diri sendiri tanpa mengenal rintangan apapun.

Menjadi Lebih Disiplin

Kedisiplinan tentu bisa dibangun dengan Anda berlatih taekwondo. Karena dengan Anda berlatih taekwondo, tidak hanya fisik saja yang dilatih namun tubuh dan pikiran juga dilatih. Pikiran akan dilatih dengan mempelajari prinsip prinsip dan beberapa teknik yang diajarkan dalam taekwondo. Hal tersebut bisa membuat kedisiplinan menjadi terbangun seiring Anda berlatih taekwondo.

Menguatkan Tubuh dan Pikiran

Taekwondo tidak hanya mementingkan kekuatan fisik saja, melainkan bisa berdampak positif juga bagi perkembangan mental. Hal ini bisa terjadi karena taekwondo membantu menguatkan tubuh dan pikiran karena dalam taekwondo mengajarkan koordinasi antara fisik dan kedisiplinan mental.

Mengajarkan Bertahan Diri

Dalam taekwondo, tentu tidak hanya diajarkan mengenai teknik serangan saja melainkan teknik bertahan juga. Dalam taekwondo bisa mengajarkan bagaimana cara untuk bersikap serta mengambil alih situasi yang berbahaya menjadi situasi menguntungkan bagi kita.

Manfaat Taekwondo Bagi Perempuan

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa seorang taekwondoin tidak hanya laki laki saja, namun perempuan juga sudah banyak yang belajar taekwondo. Hal ini dikarenakan perempuan harus bisa melakukan pertahanan diri ketika dirinya sedang diganggu atau terancam oleh orang lain. Dengan menguasainya teknik teknik pertahanan diri tersebut maka seorang perempuan bisa menjaga dirinya. Berikut beberapa manfaat taekwondo bagi perempuan:

Menjadi Lebih Fokus dan Tidak Terlalu Ambisius Mengenai Kompetisi

Tingkat kompetisi bagi anak perempuan lebih tinggi dan kebanyakan berhubungan dengan pergaulan. Banyak anak perempuan yang berjuang dengan tekanan untuk dapat bersaing dengan anak perempuan lainnya, misalnya mengenai akademik. Dalam seni bela diri seperti taekwondo akan difokuskan untuk perbaikan diri dan bukan berusaha untuk menjadi yang terbaik dari pada saingannya.

Memiliki Tujuan Hidup

Seorang perempuan tentu akan kesulitan menjawab ketika ditanya oleh orang lain mengenai tujuan atau cita cita dalam hidupnya. Dalam taekwondo, mereka akan diajarkan untuk menghargai proses ketika ingin memperoleh sesuatu. Jadi, mereka bisa belajar mengenai cita cita dengan analogy seperti sabuk berwarna yang harus didapatkan dengan penuh perjuangan. Dari ujian kenaikan sabuk tersebut, maka mereka diharapkan bisa termotivasi untuk mencapai tujuan yang jelas.

Bisa mengontrol Diri dan Lebih Konsentrasi

Taekwondo mengajarkan kita untuk lebih berkonsentrasi dan bisa mengendalikan diri. Fokus adalah kunci dalam seni bela diri, ketika fokus hilang maka biasanya pelatih akan meminta untuk mengambil posisi siap. Anak perempuan terkenal lebih mudah meluap emosinya, maka dalam taekwondo akan diajarkan untuk lebih mengontrol diri. Dalam taekwondo juga diberikan cara supaya lebih mudah menyalurkan energi positif dalam diri sendiri.

Membantu Koordinasi Tubuh

Hubungan taekwondo dengan koordinasi tubuh tentu sudah menjadi satu hal yang satu. Dalam gerakan taekwondo yang berulang, bisa membantu anak untuk mengembangkan perasaan lebih baik pada tubuh mereka. Hal tersebut berguna bagi anak anak yang berjuang dengan keterampilan motorik mereka. Dalam taekwondo juga bisa membantu anak dalam memahami kekuatan pikiran dalam hal pengendalian.

Dapat Melindungi Diri

Taekwondo diciptakan salah satunya untuk melindungi diri dalam hal yang positif. Jadi, sudah jelas di sini bahwa taekwondo tidak ditujukan untuk tindakan kejahatan. Perlindungan diri ini digunakan ketika kita sedang terancam nyawanya. Semisal ketika kita berjalan di tempat yang sepi dan ada banyak orang ingin berbuat jahat kepada kita. Nah, pada kondisi tersebut maka taekwondo bisa digunakan sebagai perlindungan diri.

Sekian beberapa manfaat taekwondo bagi kesehatan tubuh dan kesehatan psikis. Taekwondo juga memiliki manfaat khusus bagi anak perempuan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami manfaat dari berlatih taekwondo.

Bahan Materi Ujian Taekwondo Untuk Sabuk Putih

Di Indonesia, pasti sudah kenal dengan taekwondo. Seni bela diri taekwondo sudah sangat populer di Indonesia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tempat latihannya juga sudah ada di banyak daerah di Indonesia. Bukan hanya seni bela diri saja, taekwondo juga menjadi olahraga yang banyak diperlombakan hingga ke olimpiade. Sebelum mengikuti perlombaan, tentu para pemula taekwondo perlu memulainya dari awal hingga naik tingkat dengan materi ujian taekwondo sabuk putih.

Materi ujian taekwondo sabuk putih tidaklah sulit. Pada materi tersebut diajarkan teknik dari gerakan gerakan dasar yang perlu dikuasai bagi seorang taekwondoin untuk menuju tingkat sabuk taekwondo berikutnya. Gerakan gerakan dasar tersebut akan selalu digunakan pada beberapa teknik yang ada pada taekwondo. Gerakan tersebut meliputi tendangan, pukulan, tangkisan, serta jurus. Untuk itu, Anda perlu melatihnya dengan baik dan benar agar menguasainya sempurna.

Wajib Tahu! Materi Ujian Taekwondo Sabuk Putih. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai apa saja materi dari ujian kenaikan tingkat taekwondo sabuk putih untuk naik ke sabuk kuning. Materi ujian taekwondo sabuk putih yang biasa diujikan antara lain: kuda kuda, teknik gerakan dasar seperti tendangan, pukulan, tangkisan, dan jurus. Lalu apabila seorang taekwondoin bisa menguasai materi tersebut dengan sangat baik, maka ada kesempatan untuk bisa mendapatkan double promotion atau naik 2 tingkat menjadi kuning strip.

Teknik Kuda-Kuda (Seogi)

Teknik kuda kuda taekwondo menjadi materi dasar yang diujikan dalam ujian kenaikan tingkat pada sabuk putih menuju sabuk kuning. Kuda kuda dasar yang wajib dikuasai oleh taekwondoin sabuk putih yaitu:

  • Ap Koobi. ✔️ Gerakan kuda kuda Ap Koobi biasa disebut juga dengan gerakan kuda kuda langkah panjang. Kedua kaki diposisikan membuka selebar baju dan untuk lutut depan ditekuk, semetara itu untuk lutut belakang dalam keadaan lurus. Selain posisi kaki, badan juga diposisikan tegak lurus menghadap ke depan.
  • Joochoom Seogi. ✔️ Pada gerakan Joochoom Seogi mengharuskan seorang taekwondoin untuk melakukan kuda kuda dengan posisi kedua kaki sejajar dan mengarah ke samping. Posisi kaki tersebut diarahkan selebar satu setengah bahu dan untuk posisi telapak kaki lurus menghadap ke depan. Pada lutut, posisinya ditekuk dan posisi badan juga tegak lurus menghadap ke depan.
  • Kyorugi Joonbi. ✔️ Gerakan kuda kuda ini dilakukan untuk kondisi fighting. Jadi, kyorugi sendiri merupakan latihan yang dilakukan untuk mengaplikasikan teknik gerakan dasar. Di sini, terdapat dua orang yang saling bertarung dengan mempraktekkan teknik serangan dan teknik pertahanan.

Teknik Tendangan (Chagi)

Taekwondo terkenal akan teknik tendangannya yang ditakuti. Biasanya, pelajaran yang paling sering diajarkan pada taekwondo selain gerakan dasar adalah gerakan tendangan sebagai serangan. Apabila sudah menguasai teknik kuda kuda yang baik, maka seorang taekwondoin pemula akan diuji mengenai teknik tendangannya. Adapun teknik tendangan yang diuji antara lain Ap Chagi, Ap Chaoligi, dan Dwi Chaoligi. Berikut merupakan penjelasan dari ketiganya:

  • Ap Chagi. ✔️ Teknik tendangan ini dilakukan dengan menyentakkan kaki ke depan dengan sasaran yang dituju yaitu perut dan kepala. Teknik dasar ini perlu dimaksimalkan agar memperoleh nilai yang sempurna.
  • Ap Chaoligi. ✔️ Teknik Ap Chaoligi merupakan teknik tendangan dengan mengayunkan kaki belakang ke arah depan seperti ketika sedang mencangkul. Jadi, gerakan mencangkul ini dilakukan oleh kaki dan tepatnya oleh telapak kaki dengan sasarannya yaitu ke arah kepala lawan.
  • Dwi Chaoligi. ✔️ Tendangan ini dilakukan dengan cara mengayunkan kaki depan yang diarahkan ke belakang. Jadi, teknik tendangan ini merupakan kebalikan dari teknik tendangan Ap Chaoligi.

Teknik Tangkisan (Makki)

Tidak hanya teknik tendangan yang menggunakan kaki, pada ujian taekwondo juga akan diujikan mengenai teknik tangan. Salah satunya yaitu teknik tangkisan atau Makki. Berikut materi ujian taekwondo sabuk putih untuk materi tangkisan:

  • Arae Makki. ✔️ Teknik Arae Makki merupakan teknik tangkisan yang diarahkan ke bawah. Tujuannya yaitu untuk menangkis tendangan lawan agar tidak mengenai sasaran yang ia targetkan.
  • Arae Hecho Makki. ✔️ Teknik tangkisan ini merupakan teknik tangkisan bawah menggunakan kedua tangan. Menangkis dengan kedua tangan diharapkan bisa lebih kuat untuk bertahan dan tidak memberi ruang kepada lawan untuk melakukan serangan kepada kita.
  • Eolgol Makki. ✔️ Tangkisan Eolgol Makki dilakukan ke atas atau diarahkan ke kepala. Hal ini dilakukan untuk melindungi kepala kita dari serangan lawan yang mengincarnya.

Teknik Pukulan (Jireugi)

Tidak hanya menangkis, dalam taekwondo juga diajarkan untuk menyerang yaitu dengan memukul. Teknik pukulan ini diperlukan sebagai serangan terhadap lawan. Cara inilah yang digunakan untuk melumpuhkan lawan agar Anda bisa mengalahkannya. Walaupun taekwondo terkenal akan tendangannya, namun tidak melupakan teknik pukulan yang menjadi teknik dasar dalam berlatih taekwondo. Adapun beberapa teknik pukulan yang menjadi materi ujian taekwondo sabuk putih yaitu:

  • Arae Jireugi. ✔️ Teknik Arae Jireugi dilakukan untuk memukul ke arah bawah dari lawan. Jadi, ketika kita sedang menyerang dan mendapati kebuntuan nilai maka Anda bisa melakukan serangan pukulan ke daerah bawah lawan.
  • Momtong Jireugi. ✔️ Teknik pukulan ini dilakukan mengarah ke tengah badan atau tepat menuju ulu hati. Jika pukulan ini tepat mengenai sasaran, maka lawan bisa lumpuh seketika.
  • Eolgoul Jireugi. ✔️ Eolgoul Jireugi adalah teknik pukulan yang arah tujuan atau sasarannya berada di atas atau berada di area kepala lawan.

Jurus (Poomsae)

Jika ketiga materi dasar atau teknik gerakan dasar di atas sudah lulus, maka selanjutnya akan diujikan jurus atau poomsae. Jurus yang diujikan kepada para taekwondoin sabuk putih adalah Kibon 1 atau II Jang, dan Kibon 2 atau I Jang. Jadi sebelum materi ini diujikan, maka para taekwondoin sabuk putih diharapkan untuk mempersiapkannya secara matang. Hal ini dilakukan agar ketika sedang dalam tahap ujian, bisa melakukan teknik jurus ini dengan sempurna.

Sekian pembahasan mengenai materi ujian taekwondo sabuk putih yang perlu Anda ketahui. Anda perlu melakukan latihan tentang materi materi dasar yang diajarkan untuk sabuk putih. Jadi ketika ujian taekwondo sabuk putih, maka Anda bisa melewatinya dengan sempurna. Kunci sukses yang harus dipegang oleh taekwondoin adalah semangat, konsentrasi, percaya diri, dan penuh tenaga. Dari ke empat kunci tersebut apabila Anda menguasainya, maka ujian bisa terlewati dengan baik.
Selain pada materi di atas, terdapat beberapa hal yang biasaya diperhatikan juga oleh penguji yaitu cara memakai sabuk yang benar. Selain itu, seragam yang digunakan juga harus sesuai termasuk badge yang wajib berada pada tempatnya. Selanjutnya Anda tidak diperkenankan untuk mengenakan aksesoris tambahan, seperti gelang, jam tangan, kalung, dan aksesoris lainnya. Jika Anda mengenakan aksesoris tambahan tersebut, ditakutkan akan mengganggu Anda ketika melakukan gerakan.

Berlatih dan bergabung kepada Instruktur Taekwondo atau Doojang Taekwondo di Lokasi Domisili anda?

Cek Profil masing masing Doojang disini untuk Rekrutment member

Atau Ingin Belajar Mandiri di rumah secara online Berlatih via Tutor Materi Atau Berlatih Via Tool Lessons atau Instruktur DRCTI di kelas Course. Daftar Ujicoba 45 hari Trial. 👇

Banggood WW

Hosting Unlimited Indonesia

Glasseslit WW

Tips Memilih Tempat Latihan Taekwondo

Taekwondo adalah seni bela diri yang dipertandingkan dalam Olimpiade. Bela diri asal korea selatan ini berpusat pada gerakan kaki dan tangan. Taekwondo merupakan bela diri yang menggabungkan teknik bela diri, olahraga, perkelahian, dan hiburan. Tidak perlu khawatir akan cidera, karena taekwondo sendiri menerapkan prinsip kehati-hatian serta keselamatan. Ada banyak tempat latihan taekwondo yang semuanya mengutamakan keselamatan taekwondoin dalam berlatih.

Dalam taekwondo lebih terkenal dengan tendangannya yang sempurna dan nilai tingkat tinggi. Seni bela diri yang menekankan tendangan ini dilakukan dari suatu sikap bergerak. Sikap ini menggunakan daya jangkau dan kekuatan kaki yang lebih besar untuk melumpuhkan lawan dari kejauhan. Pada suatu pertandingan taekwondo, tendangan secara berputar, tendangan 450, tendangan depan, tendangan kapak dan tendangan samping banyak digunakan dan diajari oleh sabelum guru taekwondo.

Sama seperti seni bela diri yang lainnya, pada taekwondo juga memiliki ucapan salamnya sendiri. Ucapan salam taekwondo memiliki filosofinya sendiri sesuai dengan visi dan misi bela diri. Dalam berlatih taekwondo, Anda juga akan berlatih secara sistem atau menyeluruh mulai dari pukulan dan tangkisan dengan tangan. Namun, pada seni bela diri ini tidak menekankan pergulatan. Adapun tempat latihan taekwondo yang bisa Anda temui di Indonesia adalah sebagai berikut:

Taekwondo Modus Club

Taekwondo Indonesia di Bogor ini merupakan salah satu klub taekwondo tertua di Indonesia. Maurits Dominggos di tahun 1968 datang dari Belanda ke Indonesia dan membuka Jakarta Taekwondo Club di Jakarta. Dari sinilah cikal bakal berdirinya tarkwondo modus club di tahun 1975 oleh Sabeum Nim Maurits Dominggos. Modus ini merupakan singkatan dari nama Maurits Dominggos dan sekarang taekwondo Modus Club sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Alamat dari Taekwondo Modus Club yang ada di Bogor berada di Jl. Pemuda No 2, dan Jl. Pondok Rumput No 9.

ASCI Taekwondo Khalifah Club

Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda pelajari di Active Sport Center Indonesia (ASCI). Jenis olahraga yang bisa dipelajari di sana, seperti renang, taekwondo, panah, hingga berkuda. Di ASCI Taekwondo Khalifah Club banyak melahirkan atlet-atlet berbakat karena dilatih oleh taekwondo profesional dan berprestasi. Sebut saja Cepi Firmansyah, ia telah meraih medali perunggu di SEA Games 2003. Di ASCI Taekwondo Khalifah Club tidak hanya melatih fisik saja, melainkan membinanya dari segi rohani. Alamat di Bogor ada di Kompleks Ruko Pemukiman Bukit Az Zikra, dan di Jl. Sahkoya.

Everest Taekwondo Academy

Siapa yang tidak kenal dengan Everest Taekwondo Academy? Nama yang telah melejit ketika dinobatkan sebagai juara umum ketiga pada Delta Open ke-5 di tingkat nasional pada tahun 2015 ini mencuri banyak perhatian orang. Salah satu atlet terbaiknya yaitu Adrian Kaiser Hakiki Potu yang mendapat predikat atlet terbaik di ajang Delta Open ke-5 pada tahun 2015 tersebut. Jika Anda berasal dari Bogor dan ingin bergabung, maka bisa menuju Jl. Tegar Beriman, Tengah, Cibinong, Bogor.

Buara Taekwondo Metro Jaya Group

Tempat latihan Buara Taekwondo Metro Jaya Group berdiri sejak 2003. Tempat berlatih taekwondo ini sudah berhasil mengumpulkan sebanyak 215 medali sejauh ini. Dari banyaknya medali tersebut tentu tidak lepas dari peran pelatih yang sudah eksis dalam dunia taekwondo tingkat nasional. Nama Buara sendiri adalah singkatan dari Bumi Mutiara, dimana jalan tempat dojang ini berdiri. Buara Taekwondo Metro Jaya Group terletak di Jl Bumi Mutiara, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Delta Taekwondo Club

Bagi yang berdomisili di Jakarta Timur tentu tidak akan lupa prestasi Club Taekwondo ini. Dengan Ownernya adalah sabeum nim Soewito, Delta Club telah banyak melahirkan atlet atlet tangguh dan berprestasi, selain prestasi Club taekwondo setiap Tahunan selalu mengadakan ivent dan tentunya sebuah club yang dapat selalu menambah jam terbang siswa latihan nya untuk bertanding. Selain Tuan Rumah Untuk Mengadakan Kejuaraan Delta Club selalu tampil sebagai kontestan untuk mengikuti ivent sampai ke Bali.

Mau Tahu lokasi latihan Delta Club yang saat ini telah memiliki banyak cabang di setiap daerah, Jakarta, Bandung dan mantan Pelatih nya yaitu Sabeum Angga Syafrianto berada di Gresik. Saat ini lokasi latihan bisa di Tinjau di GOR Remaja Kec Matraman, Jakarta Timur.

KPM Focus Taekwondo Kota Bogor

Taekwondo KPM Focus sendiri merupakan gabungan dari lembaga KPM (klinik pendidikan MIPA) dan unit latihan Focus. Penggabungan tersebut dimulai pada tanggal 8 November 2014. Ada 13 tempat latihan dari KPM Focus yang tersebar di seluruh Bogor. Pada tanggal 18 hingga 20 Februari 2016, KPM Focus telah menyumbang 4 Medali Emas, 2 Medali Perak, dan 1 Medali Perunggu di kejuaraan tingkat provinsi sebagai perwakilan kota Bogor. Salah satu alamatnya ada di Jl. Raya Laladon, Ciomas, Bogor.

SACTI Club Taekwondo Indonesia

Di SACTI Club Taekwondo Indonesia mengembangkan taekwondo Indonesia dari segi kualitas dan kuantitas. Dari segi kuantitas, club ini selalu membuka unit latihan yang baru dan menjaga unit latihan yang lama agar selalu berkembang dan berprestasi. Di SACTI Club Taekwondo Indonesia memiliki beberapa unit latihan yang tersebar, berikut adalah unit latihan tersebut:

Bintaro Jaya Taekwondo

Salah satu unit latihan SACTI Club yang sudah cukup lama dan tersebar luas adalah unit latihan Bintaro Jaya Taekwondo. Unit ini didirikan pada tanggal 14 April 1991 oleh Sabeumnim Temy Nasution dan Sabeumnim Syarief Nasution.

Di Bintaro Jaya Taekwondo selalu menerima calon taekwondoin baru di berbagai macam usia. Pada unit latihan ini telah menciptakan banyak atlet taekwondo dan di sana telah ada 70 taekwondoin sabuk hitam. Lokasi Bintaro Jaya Taekwondo ini ada di lapangan parkir Sekolah Pembangunan Jaya di Jl. Bintaro Utama 3A, Sektor III Bintaro Jaya.

Unit Dragon Taekwondo

SACTI Club telah membuka 2 unit latihan taekwondo yang ada di Jakarta Utara dan sekitarnya. Unit tersebut adalah Dragon Taekwondo yang beralamat di Jl. Boulevard Raya Blok RA 1/12, Kelapa Gading, Daerah Jakarta Utara. Pada 2 unit latihan taekwondo tersebut memiliki pelatih yang bertanggung jawab yaitu Sabeum Yolla dari anggota satuan BRIMOB.

Gatam Taekwondo Club

Club yang berasal dari Lampung ini memiliki pendiri dan ketua umum sekaligus yaitu Indrawansyah. Gatam Taekwondo Club mempunyai kegiatan rutin yaitu latihan yang terletak di Korem 043 Garuda Hitam pada sabtu dan minggu pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Ada juga latihan di hari yang lain dalam satu minggu tersebut di tempat yang tidak menentu, seperti di sekolah maupun kampus. Junior akan diajarkan pengenalan bela diri yang praktis, kedisiplinan, attitude, event-event kejurnas, dan lain-lain.

Gatam Taekwondo Club juga tersebar di beberapa tempat di Lampung, seperti di Lampung Selatan, Lampung Tengah, Pesawaran, dan Bandar Lampung. Selain latihan rutin, Gatam Taekwondo Club juga mengadakan event Liga Profesional yang dilakukan setiap 2 bulan sekali. Adapun tempat berlangsungnya berbeda-beda, seperti di Korem 043 Garuda Hitam. Event ini diikuti oleh seluruh atlit taekwondo yang bertujuan untuk menyeleksi mereka dan dikirim ke event nasional.

Cari Penginapan Paket Hemat di Lampung

Nah, di atas merupakan beberapa tempat latihan taekwondo yang bisa Anda temui. Masih ada banyak lagi tempat latihan yang tidak bisa disebutkan di atas.

Tentunya Tidak Lupa nih yang Punya Situs ini he he.. Tentunya tempatnya mimin nih

Dolke Rayyan Club

Dolke Rayyan Taekwondo merupakan klub taekwondo yang berada di Kota Dumai, Riau, Indonesia. Didirikan oleh Sabeum Asrizal pada tahun 13 April 2013 dan berjalan sampai saat ini. Sistem pelatihannya dibuka seara umum. Namun, jika menginginkan privat latihan baik untuk personal maupun kelompok tentu bisa dilakukan.

Untuk materi dalam pembelajarannya juga menyesuaikan sesuai kebutuhan. Tidak perlu ragu untuk anda yang baru memulai, maka bisa latihan disini di konten Ini berlatih via tool latihan dan mendaftar di Menu daftar untuk login dan dapatkan materi latihan yang di sajikan oleh Club dalam Room kelas latihan untuk anda yang ingin berlatih tentunya, sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin latihan lebih jauh mengenai taekwondo. Untuk alamatnya berada di Jl. Soebrantas No. 29 ( Area Dojang Unit Latihan Dishub Dumai) No Hp: 082169348922.

Jika Anda ingin serius dengan seni bela diri taekwondo dan ingin mengikuti pertandingan tingkat nasional maupun internasional. Maka, langkah awal yang perlu Anda lakukan yaitu dengan latihan di tempat latihan taekwondo dan mengasah kemampuan hingga siap mengikuti pertandingan.

Banggood WW

Hosting Unlimited Indonesia

Glasseslit WW

Latihan Sabuk Putih Taekwondo Untuk Kenaikan Tingkat

Taekwondo merupakan seni bela diri asal negeri ginseng korea selatan yang sudah populer di Indonesia sejak lama. Walaupun asalnya bukan dari Indonesia langsung, namun seni bela diri ini banyak diminati oleh semua kalangan. Selain merupakan seni bela diri, taekwondo juga menjadi kategori olahraga dunia. Dalam taekwondo, terdapat 14 gerakan dasar taekwondo yang wajib dipelajari. Latihan sabuk putih taekwondo merupakan tahap awal dalam seni bela diri ini.

Tingkatan secara umum jika dilihat dari sabuk taekwondo yaitu di awal ada sabuk putih, lalu naik tingkat ke kuning polos hingga kuning strip. Setelah sabuk kuning dikuasai, maka bisa naik ke sabuk hijau hingga hijau strip. Dari sabuk hijau, Anda bisa naik ke sabuk biru hingga biru strip. Lalu yang terakhir adalah sabuk hitam. Untuk mencapai kenaikan tingkat tersebut, maka taekwondoin harus melewati beberapa ujian. Maka dari itu, perlu latihan sabuk putih taekwondo agar lebih mudah.

Latihan Sabuk Putih Taekwondo Untuk Tahap Awal

Latihan taekwondo perlu dilakukan secara rajin dan teliti. Seni bela diri taekwondo tidak bisa dikatakan mudah jika tidak dilatih dengan benar. Bagi Anda yang masih di tahap pemula, tentu harus latihan sabuk putih taekwondo untuk mempelajari gerakan dasar. Adapun gerakan gerakan dasar tersebut akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini. Berikut ulasan selengkapnya

Latihan Kuda-Kuda (Seogi)

Kuda kuda taekwondo adalah gerakan dasar yang wajib dikuasai oleh seorang taekwondoin. Hal ini dikarenakan semua gerakan pada taekwondo diawali dari kuda kuda. Bagi pemula, akan diajari 4 jenis kuda kuda atau langkah kaki pada taekwondo. Ke empat jenis kuda kuda ini antara lain Ap Seogi atau langkah kaki pendek, Ap Koobi atau langkah kaki panjang, Dwit Koobi atau kuda kuda yang membentuk huruf L dengan berat badan condong ke belakang, dan Joochoom Seogi atau kuda kuda tengah.

Ap Koobi

Teknik kuda kuda Ap Koobi merupakan gerakan kuda kuda dengan langkah kaki yang diarahkan sedikit lebih panjang. Posisi ini mengharuskan kedua kaki untuk dibuka lebar selebar setengah ukuran bahu dan bagian lutut depan ditekuk serta bagian lutut belakang sejajar lurus. Tidak hanya itu, posisi badan juga harus disesuaikan yaitu tegap lurus ke depan.

Joochom Seogi

Teknik kuda kuda ini mengharuskan Anda untuk memposisikan kedua kaki sejajar dan menghadap ke samping selebar setengah ukuran bahu. Posisi telapak kaki juga mengikuti gerakan sebelumnya, yaitu dihadapkan ke arah depan dengan lutut sedikit ditekuk dan posisi badan tegap lurus ke depan.

Ap Seogi

Teknik kuda kuda langkah pendek ini memposisikan kaki seperti melangkah. Sebelum itu, pastikan jari kaki diposisikan menghadap di posisi yang sama dengan kedua kaki. Anda diharuskan untuk menjaga keseimbangan pada teknik kuda kuda ini karena penting sebagai awalan untuk bisa bermain secara profesional.

Dwit Koobi

Kuda kuda ini menggunakan kedua kaki yang dibuka dengan kaki belakang di posisikan ke samping dan kaki depan di posisikan lurus ke depan. Teknik kuda kuda ini mengandalkan tumpuan berat badan yang diberikan pada bagian kaki belakang. Posisi kaki belakang yang menjadi tumpuan ini dilakukan dengan kaki ditekuk agar lebih maksimal untuk kuda kuda.

Latihan Tendangan (Chagi)

Latihan tendangan pada taekwondo yang perlu Anda pelajari dan kuasai, yaitu momtong ap chagi atau tendangan chagi ke tengah, momtong dollyo chagi atau tendangan ke samping dengan sasaran ke perut, dan deol chigi atau naeryo chagi. Berikut ulasan dari ketiga teknik tendangan tersebut:

Deol Chigi atau Naeryo Chagi

Deol Chigi atau Naeryo Chagi dilakukan dengan mencangkul ke depan menggunakan tumit. Sasarannya menuju ke arah kepala dan untuk mencapainya, maka perlu mengangkat kaki setinggi mungkin lalu dihempaskan seperti gerakan mencangkul. Gerakan ini bisa membuat kehilangan keseimbangan saat menghempaskan kaki. Maka dari itu, Anda perlu melatihnya dengan baik ketika dan setelah menghempaskan kaki agar bisa sempurna.

Dollyo Chagi

Teknik Dollyo Chagi dilakukan ke samping dengan pinggang diputar secara maksimal. Sasaran yang dituju dari tendangan ini yaitu mengarah ke perut atau kepala. Tendangan Dollyo Chagi memerlukan putaran dengan kekuatan maksimal dan saat menendang harus tepat sehingga sasaran bisa dikenai.

Ap Chagi

Ap Chagi dilakukan ke depan dengan sasarannya bagian kepala atau perut. Tendangan ini dilakukan menggunakan ujung depan telapak kaki. Pada Ap Chagi, kaki yang digunakan untuk menendang harus bisa lurus dengan arah ke atas jika targetnya kepala. Sedangkan jika targetnya adalah perut, maka luruskan kaki tepat ke depan.

Latihan Tangkisan (Makki)

Pada latihan tangkisan ini, Anda bisa mempelajari Arae Makki, Arae Hecho Makki, dan Eolgol Makki. Untuk penjelasan lebih lanjut akan dibahas berikut ini:

Arae Makki

Pada latihan ini, tangkisan dilakukan ke arah bawah dan tujuannya untuk menangkis tendangan lawan. Tangan yang digunakan untuk menangkis yaitu tangan kiri, dan tangan kanan berada di samping tubuh dengan posisi ditekuk dan dikepalkan.

Arae Hecho Makki

Tangkisan ini dilakukan ke arah bawah juga sama seperti area makki, namun dilakukan dengan kedua tangan. Jadi, apabila lawan menyerang dari 2 arah, maka gerakan ini bisa dilakukan untuk menangkisnya.

Eolgol Makki

Tangkisan ini bisa Anda lakukan ke arah atas yaitu arah kepala. Kepalkan tangan kiri dan bawa ke atas sehingga bisa menangkis serangan lawan dari atas atau samping kepala.

Latihan Pukulan (Jireugi)

Latihan pukulan yang bisa Anda pelajari adalah Arae Jureugi, Momtong Jireugi, dan Eolgol Jireugi. Berikut adalah penjelasannya:

Arae Jireugi

Teknik ini mengandalkan pukulan ke bawah dengan sasarannya di area vital lawan.

Momtong Jireugi

Pukulan ini diarahkan ke tengah, yaitu ke arah badan atau ulu hati.

Eolgol Jireugi

Teknik pukulan ini diarahkan ke atas yaitu ke kepala.

Latihan Sabetan dan Tusukan

Sabetan atau tusukan yang bisa Anda pelajari, yaitu Mureup Dolyo Chigi, Palkup Dolyo Chigi, dan Jebi Poom Mok Chigi. Berikut ulasannya:

Mureup Dolyo Chigi

Teknik sabetan ini dilakukan menggunakan lutut yang arahnya menuju samping.

Palkup Dolyo Chigi

Sabetan ini dilakukan secara memutar dengan siku tangan. Kaki kiri ditekuk ke depan sebagai penumpu berat badan. Sedangkan kaki kanan ke belakang dan posisinya lurus.

Jebi Poom Mok Chigi

Sabetan ini dilakukan dari luar ke dalam dengan tangkisan pisau ke atas disaat yang sama. Tangan yang digunakan sebagai pisau adalah tangan kanan, dan tangan kiri ada di atas kepala kita.

Demikian latihan sabuk putih taekwondo yang perlu Anda pelajari mulai dari tendangan, sabetan tusukan, pukula, hingga tangkisan taekwondo. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda

Banggood WW

Hosting Unlimited Indonesia

Glasseslit WW

Jurus dan Tekhnik Tendangan populer ciri khas Taekwondo, beserta gambar

Taekwondo merupakan seni bela diri yang menggunakan kaki dan memiliki Jurus tekhnik tinggi yang menjadikan tendangan populer dan bahagian khas taekwondo. Lalu apa saja jurus jurus dan tekhnik populer dan menjadi khas taekwondo tersebut?

Gerakan taekwondo lebih banyak menggunakan kaki dari pada tangan. Bela diri yang berasal dari korea selatan ini cukup terkenal akan tendangannya. Dari tendangan tersebut digabungkan antara kekuatan mental dan keterampilan fisik saat menggunakannya dan keuletan berlatih perlu Anda pelajari sebagai dasar dapat mempelajari jurus atau tekhnik tinggi taekwondo.

Dalam latihan taekwondo lebih fokus kepada keseimbangan, stamina, kecepatan, serta fleksibilitas. Taekwondo ini Seni bela diri yang sangat populer di Indonesia ini mementingkan kecepatan dari kaki karena lebih banyak dalam melakukan tendangan. Simak selebihnya untuk mengetahui jurusnya.

Beberapa Jurus taekwondo ciri khasnya dapat di ketahui dan menjadikan taekwondo olahraga beladiri populer karena jurus atau tekhnik khasnya.

Kyukpa Taekwondo

Kyukpa taekwondo sendiri merupakan teknik pemecahan benda keras menggunakan sasaran objek benda mati. Objek benda mati ini bisa berupa genting, batu bata, hingga papan kayu. Selain kyorugi dan poomsae, teknik ini juga dipelajari ketika Anda berlatih seni bela diri taekwondo. Tujuan dari berlatih teknik kyukpa adalah untuk menguji ketepatan dan kekuatan dari teknik dasar dalam taekwondo, yaitu tendangan, pukulan, sabetan, dan tusukan dengan jari.

Teknik Tendangan Populer

Taekwondo mempunyai banyak jenis tendangan yang populer dan mematikan. Ada beberapa jenis teknik tendangan atau Chagi yang wajib dipelajari terlebih dahulu. Berikut beberapa jenis teknik populer tendangan di taekwondo

Ap Chagi

Tendangan ini dilakukan mengarah ke depan dengan sasarannya yaitu daerah perut dan bagian kepala. Kaki yang digunakan pada Ap Chagi yaitu bagian ujung depan dari telapak kaki.

Dollyo Chagi

Teknik Dollyo Chagi merupakan teknik tendangan yang mengarah ke samping. Cara mudah yang bisa Anda pelajari pada teknik ini yaitu dengan memutarkan pinggang serta menendang ke arah perut dan kepala. Bedanya dengan Ap Chagi, pada Dollyo Chagi tendangannya mengarah ke samping.

Deol Chagi

Tendangan Deol Chagi merupakan teknik tendangan dengan posisi mencangkul dan mengarah ke depan. Kaki yang digunakan pada teknik ini yaitu dengan menggunakan tumit dan sasarannya adalah kepala. Untuk bisa melakukan Deol Chagi, Anda harus mengangkat kaki setinggi mungkin dan menghempaskannya seperti gerakan mencangkul. Tendangan ini bisa menjadi teknik yang mematikan bagi lawan.

Yeop Chagi

Teknik tendangan Yeop Chagi dilakukan dengan arah menyamping, yaitu arahnya bisa ke kiri maupun ke kanan dengan pisau kaki. Jadi, Anda bisa melakukan teknik tendangan ini dengan posisi badan yang menghadap ke samping. Dengan posisi badan yang menghadap ke samping tersebut, maka Anda bisa menggunakan pisau kaki untuk melakukan tendangan ke arah lawan.

Dwi Chagi

Teknik yang satu ini merupakan teknik tendangan yang arahnya ke belakang. Teknik ini dilakukan dengan mengangkat lutut lalu menyentakkan kaki ke arah belakang. Sasaran yang dituju dari teknik ini yaitu daerah perut dan kepala.

Dwi Hurigi

Tendangan Dwi Hurigi dilakukan dengan gerakan memutar dan diarahkan ke belakang dengan gerakan kaki seperti mengait. Arah serangan yang dituju dari teknik ini yaitu ke arah kepala dan leher.

Narae Chagi

Tenik tendangan Narae Chagi merupakan tendangan ganda dan dilakukan ke arah samping. Tendangan ini dilakukan langsung sebelum kaki yang satunya turun dan menyentuh tanah. Teknik ini memerlukan konsentrasi yang tinggi, jadi Anda perlu melatihnya dengan benar.

Dolke Chagi

Teknik tendangan ini dilakukan dengan memutarkan badan ke arah belakang sejauh 360o. Tendangan ini juga biasa disebut dengan tendangan tornado.

I Dan Dolyo Chagi

Tekhnik ini merupakan perkembangan latihan dari tekhnik dasar tendangan Dolyo chagi (lihat Tekhnik Dolyo Chagi), namun yang menjadi perbedaan tekhnik ini adalah , pada langkah awalan pengambilan memulai serangan. Untuk Dolyo chagi biasanya di mulai dengan mengunakan dengan kaki belakang , sedangkan I dan Dolyo chagi mengunakan awalan serangan dengan mengunakan kaki di depan.

I dan Deol Chagi

Tekhnik ini juga hampir sama dengan Deol chagi namun yang menjadi awalan kaki untuk menyerang adalah dengan kaki di depan. I dan Deol Chagi adalah menyerang dengan mengunakan kaki depan dengan tehnik dasarnya Deol Chagi (lihat tehknik Deol Chagi)

Twio Dwi chagi

Merupakan tekhnik khas taekwondo dasar tendangan dwi chagi namun yang menjadi pembeda adalah Dwi chadi tidak menyerang dalam posisi melompat, sedangkan Twio Dwi Chagi adalah menyerang dalam kondisi melompat dengan mengunakan tekhnik dasar dwi chagi (lihat Tekhnik Dwi Chagi)

Twio Dwi Hurigi

Tekhnik ini tidak jauh beda dengan twio dwi chagi, yaitu dengan melakukan serangan dengan cara melompat, namun tekhnim dasar yang dilakukan adalah dwi hurugi (lihat tekhnik Dwi Hurigi)

Nah itulah beberapa jurus dan tekhnik tendangan yang menjadi ciri khas pada beladiri taekwondo. Semoga bisa menguasai dan mempelajari tekhnik dengan cara rajin berlatih dan memiliki mental dan fisik yang siap.

Mau berlatih dan mempelajari tekhnik ini?

Kelas latihan yang di sediakan Dolke Rayyan Club disediakan untuk anda yang berminat, Silahkan anda kunjungi katalog materi kelas yang tersedia, dan silahkan mendaftar baik daftar di kelas latihan secara offline tersedia beberapa tempat latihan kami sesuai pilihan lokasi yang basis lokasi dari instruktur yang tersedia. Semoga dapat membantu anda dan membimbing anda untuk dapat mempelajari beladiri taekwondo.

Peralatan Perlengkapan Taekwondo yang Wajib Anda Miliki Berikut Gambar

Sebagai seorang taekwondoin tentu Anda membutuhkan Perlengkapan taekwondo untuk bisa berlatih dengan maksimal. Artikel ini akan membahas apa saja peralatan dalam taekwondo.

Taekwondo merupakan seni bela diri yang asalnya dari korea selatan. Olahraga ini lebih terkenal dengan kemampuan dan kelebihannya yaitu dalam teknik tendangan. Hal ini tentu berbeda dengan tinju yang memiliki kelebihan dan fokus pada gerakan memukul. Serta berbeda juga dengan judo dan gulat yang lebih fokus ke dalam gerakan membanting. Alat latihan tendangan taekwondo tentu perlu Anda miliki agar bisa berlatih dengan benar. Apa saja Perlengkapan taekwondo yang lainnya?

Taekwondo menjadi salah satu jenis bela diri yang sering dipertandingkan pada olimpiade tingkat dunia. Karena dalam berlatih taekwondo diperlukan pukulan menggunakan tangan dan tendangan, maka ketika latihan perlu mengenakan peralatan khusus. Peralatan ini dikhususkan untuk melindungi dirinya serta lawan secara langsung. Ingin tahu apa saja peralatan untuk berlatih taekwondo? Baca terus artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Perlengkapan Taekwondo yang Perlu Dimiliki

Dalam berlatih tentu dibutuhkan target taekwondo agar bisa latihan fokus dan strength. Dalam taekwondo, penggunaan peralatan sebagai pelindung tubuh sangat penting. Hal ini digunakan untuk melindungi bagian-bagian tubuh yang biasa menjadi sasaran dalam pertarungan. Perlengkapan taekwondo tentu dibuat dengan bahan yang berkualitas karena fungsinya untuk melindungi bagian tubuh agar tidak cidera. Berikut perlengkapan yang perlu disediakan dalam berlatih taekwondo:

Pakaian dan Sabuk Taekwondo

Peralatan taekwondo yang pertama adalah wajib menggunakan pakaian seragam serta sabuk taekwondo. Seorang taekwondoin biasa menggunakan pakaian khusus untuk mendukung latihan serta pertandingan taekwondo. Pakaian ini biasa disebut dengan Dobok yang menjadi pakaian khusus dan sengaja disediakan bagi para pemain taekwondo. Seragam ini memiliki ciri yaitu berwarna putih dan dilengkapi dengan sabuk taekwondo yang disesuaikan dengan tingkatannya masing-masing.

Sabuk taekwondo ini menjadi identitas tingkatan untuk taekwondoin. Jadi, mereka biasanya berlatih berdasarkan kategori sabuk yang ada. Hal ini ditujukan untuk membedakan materi latihan yang diberikan untuk masing-masing sabuk. Warna dasar sabuk yang biasa digunakan dalam taekwondo yaitu putih, kuning, hijau, biru, merah, dan hitam.

Body Protector

Perlengkapan taekwondo berupa body protector ini berfungsi sebagai pelindung badan dalam pertarungan. Ada banyak merk body protector yang bagus, seperti Adidas, maestro, moks, motto, jicalicu, serta werving. body protector ini digunakan pada bagian depan dengan tujuannya untuk melindungi bagian tubuh yang penting seperti dada, perut, dan tulang rusuk. Penggunaan body protector penting untuk menghindari cidera atau kerusakan pada bagian tubuh penting tersebut.

Pelindung Kepala

Tidak hanya pelindung badan, pada taekwondo juga memerlukan pelindung kepala. Hal ini karena bagian atas tubuh termasuk ke dalam sasaran lawan. Adapun tiga sasaran yang biasa ditargetkan dalam taekwondo, yaitu Eolgol (bagian atas kepala atau bagian muka), Momtong (bagian tengah atau badan), dan Are (bagian bawah). Maka dari itu, seorang taekwondoin perlu mengenakan peralatan khusus untuk melindungi bagian atas atau kepala. Peralatan ini biasa disebut dengan head guard.

Pelindung kepala pada taekwondo menyerupai bentuk helm dengan fungsinya untuk melindungi kepala dari benturan atau tendangan lawan. Agar bisa melindungi bagian kepala, maka pilihlah pelindung kepala dengan kualitas terbaik supaya menjamin keamanan dan kenyamanan ketika digunakan. Merk dari pelindung kepala yang banyak tersebar di Indonesia tidak berbeda dengan merk yang telah disebutkan pada body protector.

Pelindung Tangan

Pelindung tangan atau biasa disebut juga dengan Dekker tangan atau bisa juga di sebut hand protector menjadi peralatan wajib selanjutnya untuk dikenakan oleh para taekwondoin. Dekker ini perlu dikenakan baik ketika sedang latihan maupun ketika bertanding. Fungsi dari peralatan ini yaitu untuk melindungi bagian tangan dari serangan lawan supaya tidak cidera. Selain itu, dekker juga digunakan untuk menahan dan menangkis serangan lawan yang datang.

Pelindung Kaki

Selain pelindung tangan, kaki juga perlu dilindungi. Shin guard taekwondo ini merupakan peralatan yang hampir mirip dengan pelindung tangan, bedanya hanya letak penggunaannya saja. Fungsinya juga hampir sama yaitu untuk melindungi kaki dari cidera karena serangan lawan. Pelindung kaki ini wajib digunakan pada pertandingan taekwondo untuk melindungi kaki yang mudah mengalami cidera ketika berbenturan dengan benda keras seperti sesama kaki dan tulang kering.

Sarung Tangan

Jika tadi seorang taekwondoin menggunakan pelindung tangan, telapak tangan juga perlu dikenakan sarung tangan. Peralatan ini digunakan pada bagian jari yang fungsinya untuk melindungi bagian telapak tangan dan jari ketika memukul dan menangkis. Peralatan ini biasa digunakan ketika sedang latihan dan bertanding karena untuk melindungi ketika sedang memukul dan menangkis agar tidak cidera. Karena biasanya jari-jari rawan patah ketika memukul benda yang keras seperti kepala orang.

Pelindung Alat Vital

Pelindung alat vital ini digunakan oleh para taekwondoin untuk melidungi bagian vital atau kemaluan dari serangan lawan. Serangan ini bisa berasal dari pukulan maupun tendangan ke arah kemaluan agar tidak mengalami cidera. Alat ini biasa digunakan saat latihan dan bertanding dan digunakan oleh pria maupun wanita. Jangan khawatir, penggunaan pelindung alat vital ini tidak akan mengganggu gerakan ketika sedang berlatih atau bertanding karena bentuknya yang kecil dan nyaman untuk digunakan.

Pelindung Gigi

Jika tadi menggunakan pelindung kepala untuk melindungi muka, selanjutnya gigi juga perlu dilindungi. Pelindung gigi atau gump shield ini merupakan peralatan khusus yang terbuat dari plastic karet dan digunakan pada bagian gigi. Tujuannya untuk melindungi gigi dari benturan akibat serangan lawan. Hal ini dikarenakan ketika ada serangan yang mengarah ke gigi, gigi tidak copot dan retak. Oleh karena itu, alat ini wahib digunakan oleh seorang taekwondoin.

Pelindung Tulang Kering

Pelindung tulang kering termasuk ke dalam peralatan yang wajib dikenakan oleh para taekwondoin ketika latihan dan bertanding. Fungsi dari alat ini hampir sama dengan fungsi dari pelindung kaki dan tangan, yaitu untuk melindungi tulang kering yang rentan patah. Selain itu, fungsi dari alat ini untuk melindungi bagian tulang dari benturan dan serangan lawan. Tulang kering biasa diincar oleh lawan ketika mereka melancarkan tendangan ke arah tubuh Anda. Jadi, pelindung ini penting untuk dimiliki.

Matras Taekwondo

Selain pelindung tubuh, perlengkapan taekwondo lainnya yaitu matras. Matras ini menjadi syarat wajib yang perlu ada di setiap pertandingan taekwondo. Matras taekwondo mempunyai bahan khusus dari busa eva karena digunakan sebagai alas para taekwondoin berlatih dan bertanding. Fungsi matras sangat penting demi keamanan dan kenyamanan para taekwondoin agar ketika mereka terjatuh, tidak terjadi cidera.

Nah itulah beberapa Perlengkapan taekwondo di atas perlu Anda miliki dan digunakan ketika sedang berlatih dan bertanding. Perlengkapan ini biasa digunakan ketika Anda sedang berlatih bertarung. Taekwondo merupakan jenis bela diri yang menggunakan teknik tendangan dan pukulan taekwondo sebagai serangan. Maka dari itu, perlu menggunakan peralatan taekwondo untuk melindungi diri dari cidera yang diakibatkan serangan oleh lawan.

Banggood WW

Hosting Unlimited Indonesia

Glasseslit WW